KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AQUA GREEN MARKETING DI SUMBAWA BESAR DILIHAT DARI GREEN PRODUCT DAN GREEN BRAND

Hartini Hartini

Sari


Masalah global yang disebut peringatan global menimbulkan kekhawatiran masyarakat terhadap kerusakan lingkungan yang semakin mengancam, sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pelestarian lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan pembelian produk AMDK merek AQUA di Kabupaten Sumbawa yang dipengaruhi oleh Green Product dan Green Brand. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh konsumen yang membeli air minum dalam kemasan merek Aqua di Kabupaten Sumbawa (Brang bara, Brang biji, Bugis, Konsentrat, Seketeng, Samapuin). Sampel penelitian menggunakan non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Green Product tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk AMDK Aqua di Kabupaten Sumbawa dan Variabel Green Brand berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk AMDK merek Aqua di Kabupaten Sumbawa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh Green Product dan Green Brand terhadap keputusan pembelian, menunjukkan bahwa Green Products tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan Green Brands berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta.

Asosiasi Pemasaran Amerika. (AMA). (1975). Definisi Pemasaran Hijau. http://www.flickr.com/photos/cali2okie/2399377732/. (Diunduh 21 April 2021).

Dianti, N., R. & Paramita, E., L. (2021). Produk hijau dan keputusan pembelian konsumen muda. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Laut, 12(1), 130-142.

Guspul, A. (2018). Pengaruh Green Marketing Strategy Terhadap Bauran Pemasaran dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Herbalife (Studi Kasus Pada Klub “Sehatway” di Wonosobo). Jurnal PPKM I, 107-122.

Kotler dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1 dan Jilid 2. Penerbit Erlangga Jakarta.

Masturoh, Lina. (2017). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brands Terhadap Keputusan Pembelian Produk Green Bag Pada Carrefuor Kota Malang. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Skripsi tidak diterbitkan.

Mauliza, P. (2020). Pengaruh Green Product, Green Advertising dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di SMPN Beureunuen. Jurnal Ilmiah Simantek. 4(3).

Murdayani, M., Nurbaiti, B., & Soehardi, S. (2021). The Effect of the Marketing Mix of MSME Products on Sales Volume During the Covid-19 Pandemic The Effect of the Marketing Mix of MSME Products on Sales Volume During the Covid-19 Pandemic. Journal of Strategic and Global Studies, 4(2), 27–40. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jsgs.v4i2.1043

Ottman, J, A. (2016). Pemasaran Hijau: Peluang untuk Inovasi. Edisi Kedua, Jersey baru: Prentice hill.

Octavianus, T. (2018). Pengaruh Green Products, Green Advertising, dan Green Brands Terhadap Keputusan Pembelian Lampu LED Philips Bagi Konsumen Di Kota Bandar Lampung.Lampung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Tesis.

Rakhmawati, N.L. (2019). Pengaruh Green Product, Green Brand, dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Body Shop Di Kota Yogyakarta (Disertasi Doktor, STIE YKPN).

Ramadhan, Yusuf, Srikandi, K., dan Yusri, A. (2014). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek dan Struktur Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(1):1-7

Ridwan, Muhammad, Fauzi Achmad dan Aniesa Samira Bafadhal. (2018). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Merek ADES). Jurnal dari Administrasi Bisnis 55 (1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2005). Brand Management and Strategy, Edisi Pertama, Andi: Yogyakarta

Utami. R., T. (2020). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brand dengan Persepsi Harga Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Konsumen Pengguna The Body Shop Di Kota Magelang). Esai. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Situs web penghargaan Top Brand (www.topbrand.com). Diakses pada tanggal 15 Juni 2021 pukul 10.30 WITA

Soehardi, S. (2021). Model Peningkatan Volume Penjualan Melalui Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Kopi Golda. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 353–360. https://doi.org/http://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/article/view/398




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i2.983

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:



Diterbitkan dan dikelola oleh:

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655

Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License