KEPUASAN KONSUMEN GENERASI Z PADA PEMBELIAN ONLINE
Sari
Generasi Z dan Milenial menjadi penduduk yang mendominasi Indonesia didominasi oleh usia produktif. 90 persen barang yang dijual online adalah produk impor dari negara asing, terdapat tiga platfrom marketplace yang paling sering digunakan oleh pembeli online warga Indonesia yaitu Alibaba dan Aliexpress asal Cina, serta Amazon asal Amerika Serikat. Teknik pengumpulan data yang bersifat sekunder dan primer, data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui kuisoner / angket dan studi pustaka. Jensi data yang diambil adalah data yang berjenis crossection. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Validitas, Uji Realibilitas untuk menguji kusioner yang diberikan dari indikator yang telah ditetapkan. Hasil penelitian disini menyatakan bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sehingga Hipotesis 1 ditolak. Sedangkan harga berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan sehingga hipotesis 2 diterima. Kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga dan Kepuasaan Pelanggan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Badan Pusat Statistik. (2019). Berita resmi statistik. Bps.Go.Id, 27, 1–52. https://papua.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/336/indeks-pembangunan-manusia-provinsi-papua-tahun-2017.html
Amanah, D. (2011). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MAJESTYK BAKERY & CAKE SHOP CABANG H.M. YAMIN MEDAN. Jurnal Keuangan & Bisnis, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114
Amstrong, G., & Kotler, P. (2014). Principles of Marketing (B. Sabran (ed.); 12th ed.). Erlangga.
Dwi, I. K. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Administrasi Bisnis., Vol.1, No., p37-45.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 23. Badan Penerbit Undip.
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098
Haryanto, R. A. (2013). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonaldâ€TMS Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1465–1473. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2923
Kotler. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.
Lenzun, J. J., Massie, J. D. ., & Adare, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA, 2(3), 1237–1245. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/5802/5335
Soehardi. (2021). Faktor Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Turis di Tanjung Lesung Provinsi Banten. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(2), 147–158. https://doi.org/http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI/article/view/548
Soehardi, S. (2021). Model Peningkatan Volume Penjualan Melalui Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Kopi Golda. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 353–360. https://doi.org/http://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/article/view/398
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D) (3rd ed.). Alfabeta.
Sulistiyana, R. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(2), 86214.
Tempo. (2019). Survei LIPI Ungkap 2 Alasan Warga RI Belanja Online Produk Impor. https://bisnis.tempo.co/read/1283370/survei-lipi-ungkap-2-alasan-warga-ri-belanja-online-produk-impor
Yulia, P. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5(1), 1–12.
Zebua, Y. (2020). Pengaruh Budaya Kerja Dan Promosi Jabatan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt. Perkebunan Nusantara Iii Labuhan Haji Labuhanbatu Utara. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 109–124. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i2.1758
DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i2.963
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:
Diterbitkan dan dikelola oleh:
Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655
Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License