PENGARUH SELEBRITY ENDORSER, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (STUDI KASUS MAHASISWI ASRAMA UNDHARI)

Munawaroh Munawaroh, Yesi Gusteti, Fenesy Resty

Sari


Penelitian ini dilakuan untuk mengetahui dan menganalisis seperti apa dampak yang ditimbulkan oleh celebrity endorser, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswi asrama Undhari. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis “Pengaruh celebrity endorser, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah” (studi kasus mahasiswi asrama Undhari). Penelitian ini menggunakan metode kuantitantif, teknik pengembilan sampel menggunakan non proaility sampling pengambilan data menggunakan kuesioner, responden yang di jadikan sampel adalah sebanyak 105 reponden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dan simultan terbukti bahwa celebrity endorser, citra merek dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R Square nya adalah 0,789 yang berarti semua variable independen dapat menjelaskan sebesar 78,9% terhadap variable dependen. Sementara sisanya 21,1% dapat dijelaskan oleh faktorl ainnya yang tidak diuji dalam penelitian ini.

 Kata Kunci : celebrity endorser, citra merek, harga, keputusan pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnan. 2018. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga Di Kota Lhokseumawe.” Jurnal Visioner & Strategis 7 (2).

AGUNG, DWI. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Selebrity Endorser, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Wardah (Studi Kasus Konsumen Wardah Kab. Ponorogo).”

Aktif, farina, Nabila. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Antika, Windi. 2019. “Pengaruh Islamic Celebrity Endorser Dan Islamic Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah ( Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Purwokerto Tahun 2019 ).”

Aprilia, agung, putu. 2019. “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8 (8): 5164. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p17.

Aqmarina, Shabrina. 2016. “Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 Dan 2014 Konsumen Produk Kosmetik Wardah).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 39 (2): 1–10.

Ayuniah, putri. 2014. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonimi Universitas Gunadarma)” 22 (3): 208–19.

Budiyanto, Albert. 2018. “ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 21 No. 3 / 2018” 21 (3): 202–22.

bulgis, tata afifah nur. 2018. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan.”

Devi. 2015. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Word of Mouth Terhadap Minat Untuk Berpindah Merek ( Brand Switching ) Dengan Perceived Value Sebagai Mediasi.” Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–10.

Febriani, reni. 2020. “Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee.” Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan 3 (1): 91–109. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.782.

Gloria, Friani. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up.” Jurnal Administrasi Bisnis 6 (2): 86–96.

Hamdani, ikhwan. 2018. “Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Perempuan Muslim Di Kota Bogor),” 233–61.

iriani francy, silvia nurfitriana. 2018. “Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Pengaruhnya Pada Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Wardah.” Sebatik 22 (2): 56–63. https://doi.org/10.46984/sebatik.v22i2.308.

Irmayanti, rika suhardi dadang. 2019. “Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen.” Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen 3 (1): 53. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i1.2086.

maharani, retno, Oktavia. 2020. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Loyalitas (Study Kasus Pada Lipstcik Wardah).” Journal of Chemical Information and Modeling 21 (1): 1–9. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o.

Murdayani, M., Nurbaiti, B., & Soehardi, S. (2021). The Effect of the Marketing Mix of MSME Products on Sales Volume During the Covid-19 Pandemic The Effect of the Marketing Mix of MSME Products on Sales Volume During the Covid-19 Pandemic. Journal of Strategic and Global Studies, 4(2), 27–40. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jsgs.v4i2.1043

Muslimah. 2019. “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga,Kualitas Produk Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Puspa Indah Cosmetic Magelang.”

Nuraini, Alfiyah. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang. Nhk技研. Vol. 151.

Pangastuti, jasinta. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri.” JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi 2 (1): 69. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.424.

Purnomo, D. 2018. “Pengaruh Credibility Dan Attractiveness Endorser Terhadap Proses Pemilihan Politeknik Lp3I Jakarta Sebagai Tempat Kuliah.” Jurnal Lentera Bisnis 7 (2): 40. https://doi.org/10.34127/jrlab.v7i2.232.

RICHIRNY. 2017. “Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Pantene ( Studi Iklan Shampo Pantene Pro-v Versi Raline Shah Pada Mahasiswa FISIP USU Medan ).”

Rimiyati, hasnah catur widodo. 2014. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Merek Samsung Galaxy Series (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah YOGYAKARTA).” Jurnal Manajemen Bisnis 5 (2): 223–34.

Soehardi, S., Gobel, D., Soejatmiko, B., & Syofiansur, M. (2020). Pengaruh Bunaken Brand, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Turis Domestik dan Asing di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 9. https://doi.org/10.31599/jmu.v2i1.732

Stefani, Selfi. 2013. “Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Berlabel Halal ‘Wardah,’” 1–179.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanto, isnaini nur. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah.” Prosiding Konferensi Nasional 4 (1): 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i2.960

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:



Diterbitkan dan dikelola oleh:

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655

Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License