PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MCDONALD’S SIDOARJO DI MASA PANDEMI COVID-19

Ririn Istighfarin, Aura Fitriani, Nadya Lizza Riyani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh variabel kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada pengunjung McDonald's Taman Pinang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada dengan hasil uji t dengan nilai signifikasi 0,780 > 0,05. Promosi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada dengan hasil uji t dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Sedangkan berdasarkan uji F bahwa kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada dengan hasil uji F dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brahim, Muh. Nur Eli. Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XI Semester 2. Yogyakarta: ANDI, 2021.

Byan Tri Pradigdo. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Makan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Niat Perilaku Pelanggan McDonald Cabang Bintara, Bekasi. Skripsi Universitas Negeri Jakarta, 2016.

Christian Soenjaya. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada McDonald’s Di Surabaya. Skripsi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, 2014.

Eddy, dkk. Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2021.

Kandoli, Jifly. Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Taxi Online Go-Car Oleh Mahasiswa FEB UNSRAT. Jurnal EMBA. VOL. 7, No. 3, 3458-3467. 2019.

Kotler , Philip and Kevin Lane Keller. Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education, Inc, 2016.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. Markeing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Education Limited, 2016.

Laemonta, J.H., & Padmalia, M. Pengaruh Inovasi dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Terang Bulan - Martabak 93. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship. 5(2), 1-8. 2016.

Lamere, Stefanus Maximus. Pengaruh Harga, Lokasi, Produk dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Sanata Dharma, 2017.

Latif, Abdul. 2020. Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Frekuensi pada Mahasiswa Pengguna Transportasi Online Gojek di Kota Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lestari, Estrin Vanadianti. 2020. “Restoran Cepat Saji Terbesar di Dunia”. Diakses 09, Juni 2021. https://www.cekaja.com/info/restoran-cepat-saji-terbesar-di-dunia

Mada Faisal Akbar & Ugeng Budi Haryoko. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif. Vol. 2, No. 2. 2020.

Mahari, Susana. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity 02, no. 01. 2019.

Mahendra, Ayu. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan Pada PT. LA Genius International Group Cabang Medan. Universitas Sumatera Utara, Fakultas Ekonomi Islam. 2018.

Nadyakarisma, Ayu Vidya. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (McDonald Epicentrum Plaza Festival). Skripsi Perbanas Institute Jakarta, 2017.

Ratnasari, Aprilian Dewi. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Santoso, Singgih. Mahir Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2019.

Shimp, Terence. A. 2003. Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga

Silvestri, C., Aquilani, B. & Ruggieri, A. Service Quality and Customer Satisfaction in Thermal Tourism. Total Quality Management Journal. 29(1), 55-81.

Soehardi. (2021a). Faktor Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Turis di Tanjung Lesung Provinsi Banten. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(2), 147–158. https://doi.org/http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI/article/view/548

Soehardi, S. (2021b). Model Peningkatan Volume Penjualan Melalui Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Kopi Golda. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 353–360. https://doi.org/http://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/article/view/398

Susatyo Herlambang. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2016.

Widodo, Tri. Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Among Makarti. Vol. 9. No. 17.

Yusfita, dkk. Pengantar Dasar Statistika Berbasis Masalah. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i2.936

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:



Diterbitkan dan dikelola oleh:

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655

Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License