Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage dan CSR terhadap Nilai Perusahaan, Studi Kasus Perusahaan Jasa di Indonesia

wastam wahyu Hidayat, Triana Yuniati, Ery Teguh Prasetyo, Cahyadi Husadha

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, Leverage, dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Sampel yang digunakan adalah perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah 13 perusahaan dan tahun penelitian selama lima tahun. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Regresi berganda dengan SPSS-22. Sedangkan hasil penelitian adalah secara parsial menunjukan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh negative dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara simultan kepemilikan manajerial, leverage, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung : Alfabeta.

Fauziah, F. (2017). Kesehatan Bank, Kebijakan Deviden, dan Nilai Perusahaan Teori dan Kajian Empiris, Samarinda : RV Pustaka Horizon.

Christiani, L., & Herawaty, V. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5824

Embang, E. L. (2016). Pengaruh CSR Dan GCG Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di BEI 201002014. Jurnal Parsimonia, 2(3), 54–67.

Fajriana, A., & Priantinah, D. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Keputusan Investasi, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 5(2), 16–28. https://doi.org/10.21831/nominal.v5i2.11721

Hidayat, W. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas , Leverage Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Penghindaran Pajak : Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 19–26.

Kusumayanti, N., & Astika, I. (2016). Corporate Social Responsibility Sebagai Pemediasi Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Leverage Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi (Vol. 15).

Mareta, S dan Yanti, I. S. (2019). The Influence of Liquidity, Leverage, and Profitability on Company Value (Empirical Study on Basic Industry and Chemical Companies Listed on Indonesia Stock Exchange), 5 (7), 194-198.

Nurhayati, I., Poerwati, T., & Kartika, A. (2019). Dampak Moderasi Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengaruh Csr Pada Nilai Perusahaan Di Indonesia. Prosiding SENDI_U, 3(1), 978–979.

Pracihara, S. M. (2016). Pengaruh Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2011-2014). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(2).

Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1), 10–26.

Puspaningrum, Y. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating, (2), 1-14.

Purnamasari, I. C. (2017). Corporate Social Responsibility , Kepemilikan Institusional , Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2), 1–16.

Rahmah, N. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan, 7-62.

Suwardika, I., & Mustanda, I. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen UNUD, 6(3), 254488.

Soflamira, N. A dan Asandimitra, N. (2017). Capital Expenditure, Leverage, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility : Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan, 20 (2), 191-214.

Subagyo, et al. (2018). Akuntansi Manajemen Berbasis Desain, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Sudarma, I. K. dan Darmayanti, N. P. (2017). Pengaruh CSR, Kepemilikan Manajerial, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan pada Indeks Kompas 100, 6 (4), 1906-1932.

Triyono, F., & Setyadi, E. D. I. J. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance, Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahan (Pada Perusahaan Property and Real Estate Yang Terdaftar Di Bei). Jurnal Kompartemen, 13(1), 64–82.

Widyaningsih, D. (2018). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, serta Komite Audit pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel Kontrol, 19 (01), 38-52.

Widhaningayu, E. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional,Pengungkapaan CSR ,laba,Nilai buku dan Ukuran perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurna Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen (JEAM), 12(2), 21–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i1.893

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:



Diterbitkan dan dikelola oleh:

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655

Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License