MODEL KEPUTUSAN TURIS MELALUI AKSESIBILITAS TRANSPORTASI, AKOMODASI DAN MEDIA SOSIAL DI TANJUNG LESUNG

Soehardi Soehardi, Kardinah Indrianna Meutia, Agus Dharmanto, Mulyadi Mulyadi, M Fadhli Nursal

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa aksesibilitas, akomodasi dan media sosial di Tanjung Lesung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah turis asing dan domestik yang berkunjung di Tanjung Lesung dengan menggunakan accidental sampling. Analisa yang digunakan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji t, uji F dan R square.  Aksesibilitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan turis. Pembangunan jalan tol Serang – Panimbang, reaktivasi jalur kereta api Stasiun Rangkasbitung – Pandeglang dan Labuan membuat daya tarik bagi turis asing dan domestik. Akomodasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan turis. Turis memutuskan untuk berkunjung ke Tanjung Lesung karena akomodasi hotel, beach and resort menyediakan kelengkapan wisata bahari dan eko wisata di Tanjung Lesung, meskipun kurangnya kelengkapan wisata kedirgantaraan. Media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan turis. Turis lebih memilih mencari informasi melalui media sosial facebook dan website dari pada twitter, instagram dan youtube. Promosi Tanjung Lesung melalui media sosial lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan bahasa asing lainnya, sehingga turis domestik lebih banyak yang berkunjung dibandingkan turis asing. Aksesibilitas, akomodasi dan media massa berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan turis. Aksesibilitas merupakan indikator paling dominan dibandingkan indikator akomodasi dan media sosial. Keamanan, keselamatan, kenyamanan, kemudahaan dan kelancaran serta berkurangnya waktu tempuh dan  biaya perjalanan hingga tiba di destinasi wisata tanjung Lesung merupakan variabel penting bagi turis. 

Kata kunci: Aksesibilitas, fasilitas, media sosial dan keputusan turis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amaro, S., Duarte, P., & Henriques, C. (2016). Travelers’ Use of Social Media: A Clustering Approach. Annals of Tourism Research, 59(July), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.annals.2016.03.007

Badan Pengatur Jalan Tol. (2021). Progres Konstruksi 88,34%, Seksi 1 Serang - Rangkas Bitung 26,5 Km Jalan Tol Serang - Panimbang. Badan Pengatur Jalan Tol. https://bpjt.pu.go.id/berita/progres-konstruksi-8834-seksi-1-serang-rangkas-bitung-265-km-jalan-tol-serang-panimbang

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pandeglang. (2019). Kecamatan Panimbang Dalam angka 2019 (Badan Pusat Statistik Kabupaten Pandeglang (ed.); 1st ed.). Badan Pusat Statistik Kabupaten Pandeglang. https://pandeglangkab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=YTcxMzExZjJkNWNiM2I5MzdiMTRhNGM2&xzmn=aHR0cHM6Ly9wYW5kZWdsYW5na2FiLmJwcy5nby5pZC9wdWJsaWNhdGlvbi8yMDE5LzA5LzI2L2E3MTMxMWYyZDVjYjNiOTM3YjE0YTRjNi9rZWNhbWF0YW4tcGFuaW1iYW5nLWRhbGFtLWFuZ2thLT

Coppola, P., Carbone, A., Aveta, C., & Stangherlin, P. (2020). Assessing Transport Policies for Tourist Mobility Based on Accessibility Indicators. European Transport Research Review, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s12544-020-00444-4

Direktorat Jenderal Perkeretaapian. (2020). Reaktivasi Jalur Kereta Api Rangkasbitung – Labuan. Direktorat Jenderal Perkeretaapian. https://djka.dephub.go.id/reaktivasi-jalur-kereta-api-rangkasbitung-labuan

Dirgantara, P. T. M. (2020). Penanda Tanganan Nota Kesepahaman Antara PT Titik Mitra Dirgantara dengan PT Banten West Java Tourism Development. PT Titik Mitra Dirgantara. http://www.titikgroup.com/news/detail/71/penanda-tanganan-nota-kesepahaman-antara-pt-titik-mitra-dirgantara-dengan

Eichhorn, V., & Buhalis, D. (2010). Accessibility: A Key Objective for the Tourism Industry. Accessible Tourism: Concepts and Issues, December, 46–61. https://doi.org/10.21832/9781845411626-006

Fadilah, M. A. (2020). Menyoal Kemajuan KEK Tanjung Lesung. Https://Banteninfoshare.Blogspot.Com. https://banteninfoshare.blogspot.com/2020/04/langkah-maju-kek-tanjung-lesung.html

Garg, A. (2015). Travel Risks vs Tourist Decision Making: A Tourist Perspective. International Journal of Hospitality and Tourism Systems, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.21863/ijhts/2015.8.1.004

Liu, X., Mehraliyev, F., Liu, C., & Schuckert, M. (2020). The Roles of Social Media in Tourists’ Choices of Travel Components. Tourist Studies, 20(1), 27–48. https://doi.org/10.1177/1468797619873107

Luekveerawattana, R. (2018). Key Factors Affecting of Tourists’ Decisions to Stay at Environmental Friendly Hotels. Polish Journal of Management Studies, 17(2), 148–157. https://doi.org/10.17512/pjms.2018.17.2.13

Minazzi, R. (2015). Social Media Marketing in Tourism and Hospitality (R. Minazzi (ed.); 1st ed., Issue April). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05182-6

Pemerintah Republik Indonesia. (2012). Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2012 Tentang Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. Pemerintah Republik Indonesia.

Sutarno. (2020). Menanti Kebangkitan Bandara Salakanagara Tanjung Lesung. Www.Indowork.Id. http://indowork.id/menanti-kebangkitan-bandara-salakanagara-tanjung-lesung/26/12/2020/

Tussyadiah, I. P., & Pesonen, J. (2016). Impacts of Peer-to-Peer Accommodation Use on Travel Patterns. Journal of Travel Research, 55(8), 1022–1040. https://doi.org/10.1177/0047287515608505

Varkaris, E., & Neuhofer, B. (2017). The influence of Social Media on the Consumers’ Hotel Decision Journey. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 8(1), 101–118. https://doi.org/10.1108/JHTT-09-2016-0058

Wang, D., Xiang, Z., & Fesenmaier, D. R. (2016). Smartphone Use in Everyday Life and Travel. Journal of Travel Research, 55(1), 52–63. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0047287514535847

www.tanjunglesung.com. (2020). Hadirkan Wisata Dirgantara di Tanjung Lesung, Banten West Java Gandeng Indonesia Flying Club. Www.Tanjunglesung.Com. https://www.tanjunglesung.com/hadirkan-wisata-dirgantara-di-tanjung-lesung-banten-west-java-gandeng-indonesia-flying-club/

Yang, Y., Li, D., & Li, X. (Robert). (2019). Public Transport Connectivity and Intercity Tourist Flows. Journal of Travel Research, 58(1), 25–41. https://doi.org/10.1177/0047287517741997




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i1.876

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:



Diterbitkan dan dikelola oleh:

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655

Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License