Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Autoplastik Indonesia Karawang Timur

Hamdah Alfiyah, Neng Siti Komariah

Sari


Cara meningkatkan keunggulan bersaing suatu perusahaan yakni dengan cara menarik perhatian para pelanggan kemudian berusaha mempertahankannya agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan juga berkembang. Satu hal yang penting bagi suatu perusahaan yaitu dengan cara menjalin suatu hubungan yang kuat dengan para pelanggan dan stakeholder lainnya. Karena hubungan yang baik akan menentukan nilai masa depan perusahaan, dan apabila peminat konsumen semakin menurun akan sangat berdampak bagi perusahaan dan dapat menimbulkan kerugian pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. Autoplastik Indonesia Karawang Timur. Populasi penelitian ini adalah pelanggan PT. Autoplastik Indonesia Karawang Timur, teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 80 orang. Metode yang dipergunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner skala likert, jawaban responden diolah dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa Relationship Marketing yang terdiri dari variabel Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, dan Penanganan Konflik berpengaruh secara signifikan sebesar 62,7% terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. Autoplastik Indonesia Karawang Timur, sedangkan sisanya yaitu 37,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damayanti, C., & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3), 236–251.

Hadyan, Z. (Fakultas E. dan B. U. D. N. (2017). Pengaruh Customer Relationship Marketing, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Natasha Skin Care di Kudus). Journal of Chemical Information and Modeling, 58(12), 7250–7257.

Indrayani, T. irfa, & Indrayani, T. irfa. (2016). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Tbk Kandatel Sumbar. Jurnal Benefita. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i2.1123

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Kegiatan Pemasaran Produk Customer Goods (Studi Kasus pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98.

Laely, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. Ilmu Ekonomi & Manajemen.

Ogi, F. D. S. M. I. W. J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada PT. Fifgroup Cabang Manado). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

Patandianan, Y., Patwayati, & Nasrul. (2019). Pengaruh Pemasaran Hubungan terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Organisasi (JUMBO), 3(1), 103–113.

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(19), 70–90.

Safitri, Y. A. (2011). Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Konflik, dan Perannya Terhadap Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah BANK BCA di Surabaya. Journal of Business and Banking, 1(2), 117–130.

Soehardi, S., & Sable, S. C. (2019). Strategi Pemasaran Bisnis Pariwisata Di Kota Davao, Filipina. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 1(2), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v1i2.674

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta2016-0058

Wang, D., Xiang, Z., & Fesenmaier, D. R. (2016). Smartphone Use in Everyday Life and Travel. Journal of Travel Research, 55(1), 52–63. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0047287514535847

www.tanjunglesung.com. (2020). Hadirkan Wisata Dirgantara di Tanjung Lesung, Banten West Java Gandeng Indonesia Flying Club. Www.Tanjunglesung.Com.

Yang, Y., Li, D., & Li, X. (Robert). (2019). Public Transport Connectivity and Intercity Tourist Flows. Journal of Travel Research, 58(1), 25–41. https://doi.org/10.1177/0047287517741997




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i1.866

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:



Diterbitkan dan dikelola oleh:

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655

Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License