ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UMKM (Studi Kasus Bakso Super Rasa di Jalan Gayungan Surabaya)

Denyka Arinda Putri, Budi Prabowo

Sari


Di era saat ini UMKM perlu memaksimalkan usahanya agar dapat bertahan hidup. Usaha Mikro Kecil yang menjadi objek penelitian ini adalah usaha Bakso Super Rasa yan berada di Jalan Gayungan Surabaya. Usaha ini merupakan usaha yang bergerak dibidang kuliner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi bisnis yang digunakan Bakso Super Rasa dalam bidang keuangan, sumber daya manusia, pemasaran dan produksi dalam mempertahankan usaha dan meningkatkan pendapatan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi bisnis dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dengan metode SWOT pada usaha Bakso Super Rasa. Melalui analisis menggunakan IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary) maka dapat diketahu faktor Internal yaitu kekuatan dan kelemahan, dan faktor Eksternal yaitu peluang dan acaman. Pemilihan strategi menggunakan strategi SO, sehingga pada diagram S dan O terletak pada kuadran I yaitu perusahaan memiliki kekuatan untuk memaksimalkan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan dan ancaman dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy).

Kata Kunci : UMKM, Strategi Bisnis, Analisis SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Rivai dan Darsono Prawinegoro. 2015. Manajemen Strategis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Aji, Prasetio. (2015). Manajemen Strategi: Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. Yogyakarta: Ekuilibria

Cindy Rienaya, Mudatsir Najamuddin, Akhmad Mahbubi, 2017. Strategi Bisnis Kopi Merek Coffesso PT David Roy Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fitrah Rahmawati, Jamal Bake, Hj Ninik Endang Purwati. 2018. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Makan Wong Solo di Kendari. Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggara.

Irwan Sahaja. (2014). Pengertian Penjualan.

Johnson, G., Scholes, K., dan Whittington, R., 2008., Exploring Corporate Strategy. 8 Edition. Boston: Prentice Hall.

Rangkuti, Freddy 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Cetakan Keduapuluh Tiga. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Sadono, Sukirno. 2010. Makro Ekonomi. Teori Pengantar. Edisi Ketiga. PT. Raja Grasindo Perseda. Jakarta.

Salusu, J. 2007. Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Siagian, Sondang., P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Binapura Aksara

Soehardi, S., & Sable, S. C. (2019). Strategi Pemasaran Bisnis Pariwisata Di Kota Davao, Filipina. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 1(2), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v1i2.674

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tohar, Muhammad. Membuka usaha kecil. Kanisius, 2000.

Undang Undang. Tahun 2008 tentang UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro).




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i1.865

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:



Diterbitkan dan dikelola oleh:

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655

Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License