PARADIGMA SOCIO KULTURAL IMPULSE BUYING TERHADAP AKTIVITAS BELANJA ONLINE IBU IBU PKK KELURAHAN KARANGBONG, SIDOARJO

tri cahyo purnomo

Sari


Abstrak

Artikel penelitian ini bertujuan melakukan pembuktian faktual melalui pendekatan measurement method (metode pengukuran inferensial statistik) sejauhmana kepositipan hubungan (derajat korelasi) antara paradigma sosial impulse buying dengan aktivitas belanja online ibu-ibu pkk kelurahan karangbong, sidoarjo dewasa ini. Terdiri dari 37 partisipan ibu-ibu PKK RT 1 Karangbong Sidoarjo melalui pendekatan direct sampling method (Cooper & Emory, 1995). Disimpulkan bahwa paradigma sosial minat (x2) memiliki dominansi korelasi sempurna (erat sekali) terhadap aktivitas belanja online ibu-ibu pkk dengan koefisien sebesar (91.72)%. Implikasi akhir penelitian menjelaskan bahwa H1, H2, H3 dapat diterima kebenarannya secara faktual, selaras dengan pendapat (Verplanken, 2001) yang mendefinisikan pembelian impulsif (impulsive buying) sebagai pembelian yang tidak rasional dan pembelian yang cepat serta tidak direncanakan, diikuti dengan adanya konflik fikiran dan dorongan emosional.

 

Kata Kunci: belanja online, impulse buying, measurement method


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, 1997. Sangkan Peran Gender, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997)

Al-Qarashi, Baqir Sharif. 2003. Seni Mendidik Islami: Kiat-Kiat menciptakan Generasi Unggul. Jakarta: Pustaka Zahra

Anugrah, Chandra. 2013. Psikologi Remaja, Petunjuk Bagi Guru. Dan Orang Tua, Bandung: Pustaka Setia.

Boediono, 2000. Ekonomi Internasional, BFFE, Yogyakarta

Cooper, D.R & CW Emory, 1995. Business Research Methods, 5th Ed Richard D. Irwin, Inc. New York.

Daradjat, Zakiyah. 1995. Remaja Harapan Dan Tantangan. Jakarta: Ruhama

Dwijayanti, J.1999. Perbedaan Motif antara Ibu Rumah Tangga yang bekerja dan tidak bekerja dalam mengikuti sekolah pengembangan diri di john robert powers. Anima.Vol.14.No.55.Hal.252- 258.Surabaya:Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Effendy Onong Uchana, 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung.PT Remaja Rosdakarya

Felicia F., Elvinawaty R., & Hartini S. 2014. The Tendency For Compulsive Buying: The Roles Of Perfectionism And Hedonistic Life Style Psikologia: Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi. 9 (3) 103-112

Gancar Candra, Premananto. 2007. “Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Impuls Dengan Pendekatan Psikologi Lingkungan Dan Rantai Kausalitas.” Jurnal Antisipasi, Vol. 10, No. 1, Hal. 172-184

Hawkins, D.I, Best, R.J , Coney,K.A. 2007. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (Seventh Edition). NewYork: McGrawHill

HOS Tjokrowinoto, 2010. Islam & Sosialisme. Bandung: Sega Arsy

Hidayat, R. 2015: Hubungan Pengetahuan, Pekerjaan dan Aspek Budaya Ibu terhadap Pemberian Asi Eksklusif pada Bayi Usia 0-6 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Kartini Kartono. 1992. Psikologi Wanita Jilid 2. Bandung: Bandar Maju

KKBI. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi 3). Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. Balai Pustaka.

Kharis, Ismu Fadli. 2011. Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online. Semarang: Universitas Diponegoro, Skripsi tidak diterbitkan. diakses 22 Oktober 2017, Pukul 14.00 WIB

Loudon, D.L. & Bitta, A. J. 1993. Consumer Behaviour Concept and Application (4th ed). Singapore McGraww Hill

Latang, Fatmasuri. 2013. Peranan Ibu Rumah Tangga Terhadap Kesejahteraan Keluarga, Kasus Lima Ibu Rumah Tangga Di Perumnas Tibojong Watampone. UNM

Mengenang Soedjatmoko: Kumpulan Berita dan Obituari: Disusun Dalam Rangka Peringatan 40 Hari Wafat Dr. Soedjatmoko. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES). 1989

Martin, G. dan Pear, J. 1999. Behavior modification: What it is and how to do it. New Jersey: Prentice Hall

Mengenang Kartini dan Kontribusinya Bagi Pendidikan Untuk Wanita. Detik News. 2007

Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol 15, No 2. 2020

Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. 2015. Psychological meaning of money dengan gaya hidup hedonis remaja di kota malang. Psikologi Forum UMM, ISBN: 978-979-796-324-8

Peng Liang, Ting & Jen Lai, Hung. 2002. Effect of Store Design on Consumer Purchases: Van Empirical Study of On-line Bookstores. Journal of Information & Management 39 (2002) 431-444

Pengaruh Faktor Situasional Dan Store Atmosphere Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Motivasi Belanja Hedonik Sebagai Intervening, Eirene Natalia Makal, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 6 ,No.1, 2018: 27-42. Program Magister Manajemen Fakutas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi

Soehardi, S., & Sable, S. C. (2019). Strategi Pemasaran Bisnis Pariwisata Di Kota Davao, Filipina. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 1(2), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v1i2.674

Susanto, Astrid S. 1975. Pendapat Umum.Bandung:Bina Cipta

Sajogyo, P., 1983. "Peranan Wanita Dalam Pembangunan Masyarakat Desa". Rajawali, Jakarta

Singgih D. Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: PT Gunung Mulia, 2000

Solomon, M. R., & Rabolt, N. J. 2009. Consumer Behavior in Fashion. Pearson/Prentice Hall.

Susanti, D. 2011. Gaya Hidup Pengguna Telepon Seluler Blackberry. Jurnal Manajemen Bisnis. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah. Vol.1. No.2 (115-126)

Sumarwan. 2014, Definisi Perilaku Konsumen, Buku Perilaku Konsumen, Edisi Kedua, Penerbit GI, Ghaila Indonesia

Social Research dan Monitoring Social. 2016

Qaimi, Ali. 2004. Keluarga & Anak Bermasalah. Bogor: Cahaya.

Verplanken, B., & Sato, A. 2011, March 26. The psychology of impulse buying: an integrative self-regulation approach. J Consum Policy, hal. 197-210.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i1.864

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:



Diterbitkan dan dikelola oleh:

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655

Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License