PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PATTAYA CORNER KOTA SALATIGA

Murtadho Kesuma, Dessy Fitria, Ahmad Ulil Albab Al Umar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan dibalik fluktuatifnya jumlah penjualan dari produk Pattaya Corner dengan menggunakan variabel harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Pattaya Corner. Data primer digunakan dalam penelitian ini dan disebarkan melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang bertempat tinggal di kota Salatiga, sedangkan untuk sampel sendiri yaitu konsumen dari Pattaya Corner kota Salatiga sebanyak 106 sampel. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan Random Sampling. Pendekatan Kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji t dan uji F. Hasil penelitian menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan promosi sama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga berpengaruh sebesar 52%, untuk variabel kualitas produk berpengaruh sebesar 46%, dan variabel promosi berpengaruh sebesar 54% dan yang paling dominan dalam pengambilan keputusan pembelian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achidah, Nur, M. Mukery Warso, dkk. 2016. Pengaruh Promosi, Harga, dan Desain Terhadap keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Studi Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT di Weleri-Kendal), Journal Of Management, Vol. 2, No. 2

Agustin, Melita Yesi. 2016. Analisis Kualitas Produk Harga dan promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Tridjaya Motor Dealer Resmi Motor Honda Cabang Girian-Bitung), Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol. 16, No. 03: 472-483

Albab Al Umar, A., Mustofa, M., Fitria, D., Jannah, A., & Arinta, Y. (2021). Pengaruh Label Halal dan Tanggal Kadaluarsa terhadap Keputusan pembelian Produk Sidomuncul. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 641-647.

Dinawan, Muhammad Rhendria. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian(Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang), Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 9, No. 3 : 335-369

Gerung, Christy Jacklin, Jantje Sepang, Sjendry L Loindong. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kpeutusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT Wahana Wirawan Manado, Jurnal EMBA, Vol. 5, No. 2 : 2221-2229

Jumiati dan Emilia. 2017. Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Rumah Tipe 36 Pada CV Perdana Laju Mandiri di Guntung Manggis Kota Banjarbaru, Jurnal Scientific, Vol. 1, No. 1 : 1-20

Kuncoro, Mudrajat. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?. Jakarta : Penerbit Erlangga

Kotler, Philip. 2002. Marketing Management. Jakarta : Prenhallindo

Kristian, Denny, Rita Widayanti. 2016. Pengaruh Kulitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1UniversitaKrida Wacana, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 16, No. 1 : 45-58

Malau, Harman. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Penerbit Alfabeta

Maslikhah. 2013. Melejitkan Kemahiran Menulis Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa. Yogyakarta : TrustMedia

Prasetyo, Budi, Yunita Rismawati. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Harhagunatama Lestari (Toserba Roma) Cabang Dakota, Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, Vol. 2, No. 2 : 57-65

Soehardi, S., Gobel, D., Soejatmiko, B., & Syofiansur, M. (2020). Pengaruh Bunaken Brand, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Turis Domestik Dan Asing Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 9–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v2i1.732

Sunyoto, Danang. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta : CAPS

Sunyoto, Danang. 2016. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CAPS

Widastuti, Hesti, Sri Yuni Widowati. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mie Jakarta 69 Jl. MT. Haryono No. 914B, Semarang), Fokus Ekonomi, Vol. 9, No. 1 : 1-10

Zulaicha, Santri, Rusda Irawati. 2016. Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam, Inovbis : Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol. 4, No. 2 : 121-136




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i1.845

Refbacks



Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:



Diterbitkan dan dikelola oleh:

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655

Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License