KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA
Sari
Penjualan sepeda motor di Indonesia selama tahun 2022 mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Namun hal yang berbeda terjadi di Kabupaten Bogor khususnya pada PT. Harika Prima Sakti (HPS), unit sepeda motor yang terjual mengalami pertumbuhan yang tidak baik, hal tersebut menjadi celah empirik dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah pembeli sepeda motor merek honda di PT. HPS dari bulan Januari sampai dengan April 2023, jumlah responden ditentukan dengan rumus Lemeshow, sebanyak 100 orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kualitas produk dan promosi dalam mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor honda di PT. HPS. Metode yang digunakan kuantitatif asosiatif. Data diolah dengan SPSS 25, dianalisis dengan uji asumsi klasik, uji t, uji f, regresi linier berganda, korelasi dan determinasi. Hasil penelitian membuktikan Kualitas Produk (X1) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan Promosi (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) di PT. Harika Prima Sakti. Keterbaruan penelitian ini terletak pada objek penelitian yang belum pernah diteliti sebelumnya pada subjek tersebut. Sehinga hasil dari penelitian ini merupakan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan manajemen khususnya bidang pemasaran.
Kata kunci : Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Promosi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisi. (2023). Penjualan Sepeda Motor Aisi 2023. ASOSIASI INDUSTRI SEPEDA MOTOR INDONESIA. https://www.aisi.or.id/penjualan-sepeda-motor-di-tahun-2022-semakin-membaik/
Alghifari, E. S., Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., & Sarman, R. (2022). Strategi Promosi melalui Media Sosial dan Electronic Word of Mouth untuk Komunikasi Konsumen. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(2), 114–127. https://doi.org/10.31289/jkbm.v8i2.6267
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand AwarenessTerhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Eldawati, S., Bakkareng, & Delvianti. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN FURNITURE STUDI KASUS PADACV. ALZAID FURNITURE KABUPATEN PESISIR SELATAN. Jurnal Matua, 4(1), 39–52.
Faridah, Nurlina, & Widowati, R. (2023). PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1).
Fradesa, F. (2020). Pengaruh Bauran Promosi dan Physical Evidence terhadap Keputusan Pengunjung pada Candi Muara Jambi. Science of Management and Students Research Journal, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.33087/sms.v2i1.67
Hidayat, T. (2020). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2).
Khalis, V. M., Komariah, K., Mulia, F., & Sukabumi, U. M. (n.d.). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK ANALYSIS PRODUCT QUALITY AND BRAND TRUST IN BRAND LOYALTY.
Manggala, H., & Adirinekso, G. P. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA SHABURI KELAPA GADING). Jurnal Ilmu Manajemen, 19, 39–53.
Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Berdasarkan Ekuitas Merek. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 4(2), 85.
Ngaisah, Sukamdiani, M., & Fati’ah, P. T. (2022). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI DI PT. DIMENSI PUTRA MANDIRI COLOMADU KARANGANYAR. Jurnal Wirausaha Dan Aisi. (2023). Penjualan Sepeda Motor Aisi 2023. ASOSIASI INDUSTRI SEPEDA MOTOR INDONESIA. https://www.aisi.or.id/penjualan-sepeda-motor-di-tahun-2022-semakin-membaik/
Alghifari, E. S., Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., & Sarman, R. (2022). Strategi Promosi melalui Media Sosial dan Electronic Word of Mouth untuk Komunikasi Konsumen. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(2), 114–127. https://doi.org/10.31289/jkbm.v8i2.6267
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand AwarenessTerhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Eldawati, S., Bakkareng, & Delvianti. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN FURNITURE STUDI KASUS PADACV. ALZAID FURNITURE KABUPATEN PESISIR SELATAN. Jurnal Matua, 4(1), 39–52.
Faridah, Nurlina, & Widowati, R. (2023). PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1).
Fradesa, F. (2020). Pengaruh Bauran Promosi dan Physical Evidence terhadap Keputusan Pengunjung pada Candi Muara Jambi. Science of Management and Students Research Journal, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.33087/sms.v2i1.67
Hidayat, T. (2020). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2).
Khalis, V. M., Komariah, K., Mulia, F., & Sukabumi, U. M. (n.d.). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK ANALYSIS PRODUCT QUALITY AND BRAND TRUST IN BRAND LOYALTY.
Manggala, H., & Adirinekso, G. P. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA SHABURI KELAPA GADING). Jurnal Ilmu Manajemen, 19, 39–53.
Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Berdasarkan Ekuitas Merek. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 4(2), 85.
Ngaisah, Sukamdiani, M., & Fati’ah, P. T. (2022). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI DI PT. DIMENSI PUTRA MANDIRI COLOMADU KARANGANYAR. Jurnal Wirausaha Dan Ilmu Ekonomi (WIRANOMIKA), 1(1), 34–53.
Nurhayati, A., Jurusan, K., Dr, M.-S., Muttaqien, K., Munawar, M., Manajemen -Stie Dr, J., Biduri, I., & Jurusan, U. (2022). ANALISIS EPIC MODEL TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN ONLINE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI YOUTUBE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POCARI SWEAT Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2).
Perhotelan, J. M., Pariwisata, D., & Iskandar, H. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Remaja Kuring Serpong. JMPP, 4(2).
Prilianto, R., & Arini, E. (2023). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SUTAN KASIM CABANG KOTA BENGKULU. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 4(1). www.jurnal.umb.ac.id
Rizki, M., & Wijaya, Z. R. (2022). ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KAOS MERK WELLTRAF DI CIANJUR. OPTIMAL : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 177–188.
Shinta Masriya, S. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SUASANA CAFE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RAI RAKA CAFE DI KABUPATEN KARAWANG. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen ISSN, 17(2), 233–245. https://doi.org/10.33369/insight.17.2.233-245
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Aisi. (2023). Penjualan Sepeda Motor Aisi 2023. ASOSIASI INDUSTRI SEPEDA MOTOR INDONESIA. https://www.aisi.or.id/penjualan-sepeda-motor-di-tahun-2022-semakin-membaik/
Alghifari, E. S., Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., & Sarman, R. (2022). Strategi Promosi melalui Media Sosial dan Electronic Word of Mouth untuk Komunikasi Konsumen. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(2), 114–127. https://doi.org/10.31289/jkbm.v8i2.6267
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand AwarenessTerhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Eldawati, S., Bakkareng, & Delvianti. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN FURNITURE STUDI KASUS PADACV. ALZAID FURNITURE KABUPATEN PESISIR SELATAN. Jurnal Matua, 4(1), 39–52.
Faridah, Nurlina, & Widowati, R. (2023). PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1).
Fradesa, F. (2020). Pengaruh Bauran Promosi dan Physical Evidence terhadap Keputusan Pengunjung pada Candi Muara Jambi. Science of Management and Students Research Journal, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.33087/sms.v2i1.67
Hidayat, T. (2020). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2).
Khalis, V. M., Komariah, K., Mulia, F., & Sukabumi, U. M. (n.d.). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK ANALYSIS PRODUCT QUALITY AND BRAND TRUST IN BRAND LOYALTY.
Manggala, H., & Adirinekso, G. P. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA SHABURI KELAPA GADING). Jurnal Ilmu Manajemen, 19, 39–53.
Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Berdasarkan Ekuitas Merek. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 4(2), 85.
Ngaisah, Sukamdiani, M., & Fati’ah, P. T. (2022). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI DI PT. DIMENSI PUTRA MANDIRI COLOMADU KARANGANYAR. Jurnal Wirausaha Dan Ilmu Ekonomi (WIRANOMIKA), 1(1), 34–53.
Nurhayati, A., Jurusan, K., Dr, M.-S., Muttaqien, K., Munawar, M., Manajemen -Stie Dr, J., Biduri, I., & Jurusan, U. (2022). ANALISIS EPIC MODEL TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN ONLINE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI YOUTUBE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POCARI SWEAT Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2).
Perhotelan, J. M., Pariwisata, D., & Iskandar, H. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Remaja Kuring Serpong. JMPP, 4(2).
Prilianto, R., & Arini, E. (2023). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SUTAN KASIM CABANG KOTA BENGKULU. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 4(1). www.jurnal.umb.ac.id
Rizki, M., & Wijaya, Z. R. (2022). ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KAOS MERK WELLTRAF DI CIANJUR. OPTIMAL : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 177–188.
Shinta Masriya, S. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SUASANA CAFE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RAI RAKA CAFE DI KABUPATEN KARAWANG. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen ISSN, 17(2), 233–245. https://doi.org/10.33369/insight.17.2.233-245
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2).
Taufan, M., & Azhari, M. Z. (2023). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Fanatisme Terhadap Keputusan Pembelian Jersey Orisinal (Studi Pada Supporter Persib Bandung). JURNAL IKRATH-EKONOMIKA, 6(2). https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. In Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen (Vol. 5, Issue 1). http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm
Trisnawati, N., & Riefianti, R. (2023). ANALISA FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLETT WHITENING. JURNAL IKRAITH-EKONOMIKA, 6(1). https://www.wikipedia.org/
Wardi, J., Putri, G. E., & Johar, O. A. (2022). PROMOSI DALAM MENARIK MINAT MAHASISWA BARU: SEBUAH TINJAUAN KEGIATAN PROMOSI DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 94–100.
Widodo, A., & Yusiana, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Usia Sebagai Moderator. Jurnal Ekombis Review, 11(1), page. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1
DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v5i1.1217
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:
Diterbitkan dan dikelola oleh:
Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License