ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT KUNJUNGAN PELANGGAN DI SALON MARIA SUNTER JAKARTA UTARA
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara kualitas layanan dan word of mouth terhadap minat kunjungan di Salon Maria serta menganalisis variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap minat kunjungan pelanggan di Salon Maria. Tehnik pengumpulan data primer dengan kuesioner sebanyak 50 responden dengan tehnik nonprobability sampling. Tanggapan dari responden kemudian dianalisis secara kuantitatif yang meliputi uji analisis linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda dan uji t menunjukkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 0,356 dengan t hitung 2,379 > t tabel dan variabel word of mouth berpengaruh sebesar 0,507 dengan t hitung 3,472 > t hitung. Kemudian dari uji F variabel kualitas pelayanan dan word of mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen minat kunjungan dimana F hitung 20,299 > F tabel. Variabel yang paling dominan tehadapa minat kunjungan adalah variabel word of mouth sebesar 0,507.
Kata kunci: kualitas pelayanan, word of mouth, minat kunjungan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aprodita. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Word of Mouth dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Lelang PT Balai Lelang Serasi Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.
Daud, Denny. 2013. “Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakn Jasa Pembiayaan Pada PT.Bess Finance Manado”. Jurnal EMBA. Vol 1, No 4. Hal 51-59.
Fadhila, Risa. 2013. Analisis Pengarh Word of Mouth, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Toko Leo Fashion Karangjati-Kabupaten Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.
Jamilah, Zainiyyatun dan Musthofa Hadi. 2017. “ Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Peggunaan Jasa di Spencer Salon Cabang Soekarno Hatta Malang”. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol 3, No 1. Hal 172.
Jamilah, Zainiyyatun dan Musthofa Hadi. 2017. “ Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Peggunaan Jasa di Spencer Salon Cabang Soekarno Hatta Malang”. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol 3, No 1. Hal 174.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Dasar – Dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Nurhaeni, Nelly . 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word of Mouth dan Lokasi Terhadap Keputusan Pemakaian Jasa Pada Bengkel Honda Jatake Motor Tanggerang. Semarang. Universitas Diponegoro.
Rachman, Faizal. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Tabungan Agrotama Pada PT. BRI Agro KCP Kebayoran Lama Jakarta. Jakarta. Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta.
Rhamdani, Anna Ukhti. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Astra Honda Motor (Studi Konsumen di Dealer Astra Honda Motor Yogyakarta).Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Simamora, Apryani dan Elvira Azis. 2016. “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Go-Jek di Kota Bandung”. E-Proceeding of Management. Vol 3, No 1. Hal 151.
Simamora, Apryani dan Elvira Azis. 2016. “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Go-Jek di Kota Bandung”. E-Proceeding of Management. Vol 3, No 1. Hal 153.
Tedi helmi, dkk. 2016. Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh DLLAJ Kabupaten Bogor. Jurnal Governasi. Vol 2, No 1. Hal 51.
Trihastuti RJ, Freida dan Augusty Tae Ferdinand. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen(Studi pada Buket Koffe+Jazz Semarang. Diponegoro Journal of Management.Vol 1, No 1. Hal 4.
Yanti, Rani Septi Andri. 2017. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan dan Word of Mouth pada Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Perbaikan Komputer(Studi pada Konsumen Toko Metro.com). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v5i1.1136
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:
Diterbitkan dan dikelola oleh:
Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License