Resepsi Mahasiswa terhadap Maskulinitas melalui Fashion Idol K-Pop
Sari
Abstrak
Fenomena K-Pop tidak hanya identik dengan musik. K-Pop juga dianggap berhasil memperkenalkan fashion Korea di dunia. BTS atau Bangtan Sonyeondan merupakan boy-groups yang dikenal sebagai salah satu trendsetter fashion laki-laki di Korea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi generasi milenials terhadap maskulinitas pada fashion yang ditampilkan dalam music video BTS berjudul No More Dream dan Boy With Luv. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis resepsi audience dan teknik pengumpulan data menggunakan indepth interview, observasi dan studi kepustakaan. Informan penelitian ini adalah tujuh orang yang masuk dalam kategori generasi milenials dan telah menonton music video BTS yang berjudul “No More Dream” dan “Boy With Luv”. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa maskulinitas itu tidak selalu tampak melalui fisik, melainkan lebih kepada sesuatu yang ada dari dalam diri mereka, seperti karakteristik, perilaku, dan sikap setiap individunya. Fashion BTS yang ada pada music video mereka dianggap memiliki karakter maskulinitas yang berbeda. Pakaian, aksesoris dan tata rambut serta make up para idol pada music video “No More Dream” dinilai menggambarkan kesan sosok bad boy. Sedangkan pada music video“Boy With Luv”, BTS ditampilkan dengan gaya penampilan pria dewasa. Penelitian ini juga menjelaskan tentang adanya pergeseran maskulinitas yang digambarkan pada fashion BTS. Maskulinitas tidak hanya terlihat dari penampilan fisik melainkan juga dari perilaku idol K-Pop.
Kata Kunci : Persepsi, Maskulinitas, Fashion, K-Pop, BTS.
Abstract
The K-Pop phenomenon is not only synonymous with music. K-Pop is also considered successful in introducing Korean fashion in the world. BTS or Bangtan Sonye and boy groups are known as one of the male fashion trendsetters in Korea. This study aims to find out how the millennial generation's perception of masculinity in fashion is displayed in the BTS music video titled No More Dream and Boy With Luv. The methodology of this research is descriptive qualitative using audience reception analysis and data collection techniques using in-depth interviews, observation and literature study. The informants of this research are seven people who fall into the millennial generation category and have watched BTS music videos entitled "No More Dream" and "Boy With Luv". The results of this study explain that masculinity is not always visible through the physical, but rather to something that exists from within them, such as the characteristics, behavior, and attitudes of each individual. The BTS fashions in their music video are considered to have different masculinity characters. Clothing, accessories and hairdo and makeup of the idols in the music video "No More Dream" is considered to illustrate the impression of a bad boy figure. Whereas in the music video "Boy With Luv", BTS is displayed in an adult male appearance style. This study also explains the shift in masculinity that is depicted in BTS fashion. Masculinity is not only seen from the physical appearance but also from K-Pop idol behavior.
KeyWords : Perceptions, Masculinity, Fashion, K-Pop, BTS.
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31599/komaskam.v2i1.616
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.