Pengaruh Motivasi dan Fasilitas Kerja Terhadap Hasil Kinerja Karyawan

Arief Setya Budi, Muhammad Rizky Kusumayudha, Dwizah Riana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi dan variabel fasilitas terhadap hasil kinerja karyawan pada PT. Sarana Lintas Caraka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode penelitian asosiatif yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh hubungan atara kedua variabel atau bebas dalam studi kasus. Dalam pengambilan sampel, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 76 responden, yaitu karyawan yang terdapat pada PT. Sarana Lintas Caraka. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berskala likert dengan nilai 1, 2, 3, 4 dan 5. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan model regresi linier berganda yaitu dengan melakukan uji-t dan uji-F. Proses dan perhitungan data menggunakan aplikasi SPSS 23 yang didapatkan hasil nilai koefisien sebesar 0,245. Maka dapat disimpulkan nilai variasinya adalah 24,5% yang ditetapkan pada variabel motivasi, variabel fasilitas variabel hasil kinerja karyawan dan sebagian dipengaruhi oleh faktor lainnya. Nilai persamaan regresi yang digunakan dari hasil penelitian adalah Ŷ = 4,496 + 0,178 X1 + 0,225 X2. Sehingga dapat diperoleh nilai F yang dihitung adalah 11.871 dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti dapat diketahui bahwa variabel fasilitas dan variabel motivasi berpengaruh secara simultan terhadap hasil kinerja karyawan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulla, M. (2018). Pengaruh Fasilitas Sekolah Dan Motivasi Guru Terhadap Efektivitas Proses Mengajar di Madrasah Aliyah di Bontang. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro , 6, 163-173.

Afriyelnaidi, Akos, M., & Abdurrahman, A. (2017). Meningkatkan Kinerja Pegawai Melalui Motivasi dan Disiplin Kerja Pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kapuas. Administraus – Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen , 2, 63-73.

Ariyanti, M. P., & Mustikasari, A. (2018). Analisis Efektivitas Iklan Produk Pertalite Pada Media Televisi Dengan Menggunakan Epic Model. e-Proceeding of Applied Science , 4, 807.

Asmaniar, & Ahmad. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Intruction Pada. Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi , 2-9.

Dhermawan, A. A., Sudibya, I. G., & Utama, I. W. (2012). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan , 6, 173-184.

Ganie, D., & Abidin, Z. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Bukit Makmur Mandiri Utama Job Site Binsua (Binungan Suaran). CAM: Change Agent For Management Journal , 1, 18-29.

Gondowahjudi, L. E., Ratri, D. R., & Hakim, L. (2018). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Yang Dimediasi Oleh Motivasi di RSUD Kota Malang. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP) , 4, 331-342.

Gumilang, A. A., Mahanggoro, T. P., & Aini, Q. (2018). Motivasi dan kepuasan kerja pegawai puskesmas BLUD dan non- BLUD Kabupaten Semarang. Health Sciences and Pharmacy Journal , 2, 111-120.

Hartono, W., & Puspitaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan , 25-30.

Kadir, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa Ftik IAIN Kendari. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian , 13, 1-15.

Kingkin, P., Rosyid, H. F., & Arjanggi, R. (2019). Kepuasan Kerja Dan Masa Kerja Sebagai Prediktor Komitmen Organisasi Pada Karyawan Pt Royal Korindah Di Purbalingga. Proyeksi , 5, 17-32.

Lisnawati, S., & Siregar, H. (2018). Pengaruh Self Assessment Terhadap Hasil Belajar Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Artikel Pada Bidang Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam , 9, 197-210.

Mulyadi, & Amalia, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Autograph Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Brsd) Pada Siswa Kelas Viii Mts Swasta Kuala Kecamatan Kuala. Genta Mulia , Volume X, 94-105.

Rahmawati, M., Husen, M., & Nurbaity. (2018). Analisis Kerjasama Guru Bimbingan Konseling (Bk) Dengan Guru Bidang Studi Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Di Smp Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling , 38 - 42.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Trisnawati, N., & Idaman, N. (2019). Motivasi Pengunjung Mengunjungi Museum Di Kawasan Kota Tua Jakarta. Ikraith-Ekonomika , 2, 125-136.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jki.v19i3.485

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)