ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN DALAM MEMPREDIKSI KEINGINAN MEMBELI PRIVATE BRAND PADA HYPERMARKET CARREFOUR DI JAKARTA DAN DEPOK
Sari
Perkembangan bisnis ritel di Indonesia belakangan ini cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyak bermunculan gerai-gerai baru baik yang berupa Mini- market, Supermarket sampai dengan Hypermarket. Persaingan yang cukup ketat membuat lingkungan usaha dibidang tersebut seperti sebuah medan perang yang membutuhkan strategi yang tepat untuk memenangakan pertempuran. Salahsatunya yaitu dengan meluncurkan produk dengan merek toko atau bisa disebut Private Brand / Private Label / Store Brand (PB). Berdasarkan hal tersebut diatas peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk Private Brand (PB), yaitu faktor-faktor apa saja yang membentuk persepsi konsumen untuk membeli produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan model yang diadaptasi dari penelitian Byoungho Jin & Yong Gu Suh (2005). Model ini mengintegrasikan empat variabel atau faktor karakteristik konsumen yaitu Price Consciousness, Value Consciousness, Perceived Quality Variability dan Consumer Innovativenes terhadap PB Attitude dan PB Purchase Intention. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa variabel yang mempunyai pengaruh langsung terhadap PB Purchase Intention adalah Perceived Quality Variability dan PB Attitude sedangkan yang berpengaruh terhadap PB Attitude adalah variabel Perceived Quality Variabilty dan Consumer Innovativeness. Ini menandakan bahwa konsumen mempertimbangkan untuk membeli produk PB karena menganggap kualitas produk sesuai dengan yang mereka perkirakan dan karena sikap mereka yang senang terhadap PB (PB Attitude). Sedangkan pengaruh tidak langsung terhadap pembelian PB didapat juga dari variabel Consumer Innovativeness yang dapat diartikan bahwa konsumen tertarik membeli karena mereka ingin tahu terhdap sesuatu yang baru dan berbeda. Temuan lain yang didapat dari penelitian ini yaitu 79,45 % konsumen setuju jika produk PB tersedia dengan kualitas premium.
Kata Kunci : Persepsi, Sikap, Keinginan membeli, Private Brand, Private Label.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (FE UBJ)