BUSINESS STRATEGIES: RUMUSAN STRATEGI MENINGKATKAN PEREKONOMIAN SEKTOR UMKM DI TENGAH PANDEMI

Priska Rahmawati, Nur Aziz, Budi Utomo

Sari



Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia, hal ini mengakibatkan penurunan tingkat pendapatan dalam perekonomian. UMKM merupakan salah satu sektor yang terkena dampak pandemi ini. Pelaku usaha UMKM mengalami penurunan tingkat pembeli, hal ini terjadi karena adanya kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha UMKM dan memberikan strategi bisnis baru supaya bisa bertahan di tengah pandemi. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasi dan menggunakan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini berupa rumusan strategi bisnis baru yaitu, melakukan penjualan E-Commerce, melakukan pemasaran dengan digital marketing, memperbaiki kualitas produk dan layanan, serta menjalin hubungan baik dengan konsumen (Customer Relationship Marketing). Dengan adanya penelitian ini akan memberikan kontribusi kepada pelaku UMKM untuk mempertahankan bisnisnya di masa pandemi, dan jangka panjangnya akan meningkatkan pendapatan nasional melalui sektor UMKM.

Kata Kunci : Covid-19, UMKM, Strategi Bisnis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, I. (2018). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Indonesia Jurnal of Strategic Manajemen, 1(1), 82–97. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/ijsm.v1i1.844

Alfin, A. (2021). ANALISIS STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI KRISIS DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543–1552.

Dhyah Ayu Retno Widyastuti, R. N., & Sidhi, dan T. A. P. (2016). LITERASI DIGITAL PADA PEREMPUAN PELAKU USAHA PRODUKTIF DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Dhyah. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 1–15. http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/95

Guven, H. (2020). Industry 4.0 and Marketing 4.0: In Perspective of Digitalization and E-Commerce. Agile Business Leadership Methods for Industry 4.0, 25–46. https://doi.org/10.1108/978-1-80043-380-920201003

HELMALIA, H., & AFRINAWATI, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). PENGARUH MARKETING DIGITAL TERHADAP KINERJA PENJUALAN PRODUK UMKM ASTI GAURI DI KECAMATAN BANTARSARI CILACAP. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50–61. http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189

Hidayat, W. W., Soehardi, S., Prasetyo, E. T., & Husadha, C. (2021). Implications of Covid-19 Pandemic on MSMEs to Economy, Society: Case in the Country of Indonesia. Systematic Reviews in Pharmacy, 12(4), 71–78. https://doi.org/https://www.sysrevpharm.org/articles/implications-of-covid19-pandemic-on-msmes-to-economy-society-case-in-the-country-of-indonesia.pdf

Jackson R.S. Weenas. (2013). KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED COMFORTA. Jurnal EMBA, 1(4), 607–618.

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. 4(September), 384–388. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179

BPS. (2021, Maret 01). Pertumbuhan Ekonomi Kota Salatiga Tahun 2020. Dipetik Mei 2021, 25, dari salatigakota.bps.go.id: https://salatigakota.bps.go.id

Catriana, E. (2021, Januari 1). Riset Bank DBS Indonesia: Selama Pandemi Pelanggan E-Commerce Nail Menjadi 66 Persen. Dipetik Mei 28, 2021, dari kompas.com: https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com

Chaffey, D., & Chadwick, F. E. (2019). Digital Marketing. New York: Pearson.

Covid19.go.id. (t.thn.). Dipetik Mei 28, 2021, dari Covid19.go.id: https://covid19.go.id

Goel, R. (2007). E-Commerce. New Age International.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Psychology and Counseling vol 2, no 1, 146-153.

kemenkopukm.go.id. (t.thn.). Dipetik Mei 28, 2021, dari kemenkopukm.go.id: https://www.kemenkopukm.go.id

Kingsnorth, S. (2019). Digital Marketing Strategy An Integrated Approach to Online Marketing. New York: KoganPage.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Priciples of Marketing. Boston: Pearson.

Kuswiratmo, B. A. (2016). Memulai Usaha Itu Gampang. Jakarta: Visimedia.

Maulina, E., & Sari, M. N. (2017). Kebijakan dan Strategi Bisnis Wanita Pengusaha: Studi pada Usaha Kecantikan Salon NADISSE. AdBispreneur vol 2, no 1, 69-78.

Nasir, M. S., & Khoirudin, R. (2020). Pengendalian Manajemen Usaha yang Ideal pada UMKM Haha Multi Creative. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 245-250.

Pemkot Salatiga. (2020). Pemerintah Kota Salatiga-Hati Beriman. Dipetik Mei 2021, 25, dari salatiga.go.id: https://salatiga.go.id

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Soehardi, S., & Sable, S. C. (2019). Strategi Pemasaran Bisnis Pariwisata Di Kota Davao, Filipina. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.31599/jmu.v1i2.674

Tedlock. (1991). From Participant Observation to The Observation of Participation: The Emergence of Narrative Ethnography. Journal of Anthropological Research, 69-94.

Tjiptono. (2009). Service Marketing: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Marknesis.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i2.924

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:



Diterbitkan dan dikelola oleh:

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Telp. (021) 7231948-7267655

Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License