PERBANDINGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK ANTARA HOKKYMART DAN BOLLYMART KOTA BIMA
Sari
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, membuktikan, dan menganalisis perbedaan strategi pemasaran pada Hokkymart, dan Bollymart. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan konsumen yang berbelanja di Hokkymart, dan Bollymart. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif Paired Varian dengan alat analisis yang digunakan adalah Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 23.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat perbedaan antara strategi pemasaran produk dengan nilai rata-rata (mean) variabel strategi pemasaran pada Hokkymart Kota Bima adalah sebesar 43,73. Sedangkan nilai rata-rata (mean) untuk variabel Bollymart Kota Bima adalah sebesar 51,76. Dari kedua variabel X1 dan X2 tersebut diperoleh nilai rata-rata Strategi Pemasaran Produk Bollymart Kota Bima lebih besar dari pada Strategi Pemasaran Produk pada Hokkymart Kota Bima.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amirullah. (2011). Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan, Kedua. Penerbit : Graha Ilmu, Yogyakarta.
Abdullah. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Aswaja Pressindo
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Basu Swastha Dharmmesta. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Gujarati, Damodar N dan Dawn C. Porter. (2015). Dasar-Dasar Ekonometrika Edisi 5 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gugup, Kismono. 2011. Bisnis Pengantar. BPFE, Yogyakarta
Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga.Salemba. Jakarta.
Kotler dan Keller. (2016). Marketing Management. Edisi Keempat belas Cetakan Pertama. BPFE, Yogyakarta
Prihatini Ade Mayvita1) & Mohammad Zainul2, (2015). Analisis Strategi Pemasaran Pada Toko Stationery Express Banjarmasin. Al-Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora Volume 1 Nomor 1
Siti Karlina, dkk. (2020). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Pada Toko Online (Studi Pada Shopee, Bukalapak, Lazada, Dan Tokopedia. Jurnal. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar. Volume 1,
Soehardi, & Sable, S. C. (2019). Strategi Pemasaran Bisnis Pariwisata di Kota Davao , Filipina. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 1(2), 1–13. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v1i2.674
Soehardi, S., & Untari, D. T. (2020). The Effect of Covid-19 Pandemic on Hotel Employees, Hotel Occopancy Rates and Hotel Tax Income in Jakarta, Indonesia. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(12), 964–972. https://doi.org/10.31838/srp.2020.5.138
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta
Sumarwan, Ujang. (2015). Pemasaran Strategik:Prespektif Perilaku Konsumen, dan Marketing Plan. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Sunardi dan Anita Primastiwi. (2015). Pengantar Bisnis Konsep, Strategi, & Kasus. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Suhartini. (2012). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. Jurnal Matrik Teknik Industri Univ. Muhammadiyah Gresik. Vol.XII. No.3,
Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)
Syarifhidayat. (2019). Perbandingan Strategi Pemasaran yang digunakan antara Minimarket Alfamart dengan Indomart. Jurnal Manajemen.
Tjiptono, Fandi. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta. ANDI.
Tjiptono, Fandy., & Gregorius Chandra. (2017). Pemasaran Strategik. Edisi 3. Yogyakarta: Andi offset
Wahjono, dkk. (2018). Pengantar Bisnis. Jakarta. Kencana
DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v3i2.917
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:
Diterbitkan dan dikelola oleh:
Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License