PENGARUH BISNIS WEALTH MANAGEMENT DAN LAYANAN PRIORITAS TERHADAP CROSS SELLING PRODUCT NASABAH DI BNI KANTOR CABANG BEKASI

Euis Komalasari, Tri Widyastuti, Dhian Tyas Untari, Sugeng Suroso

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bisnis wealth management dan layanan prioritas terhadap cross selling product nasabah di BNI Kantar Cabang Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji t, uji F dan regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang terdaftar di Bank BNI Kantor Cabang Bekasi berjumlah 1479 dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sample berjumlah 93. Terdapat pengaruh variable Bisnis Wealth Management (BWM) terhadap Cross selling product  Nasabah di BNI Kantor Cabang Bekasi secara parsial. Penelitian ini membuktikan peran Bisnis Wealth Management sangat penting untuk dapat meningkatkan Cross Selling Nasabah, karena dalam Bisnis Wealth Management dapat diterapkan metode Financial Planner oleh Relationship Officer untuk mengelola Portofolio Nasabah, sesuai dengan Profil Resiko dan Produk yang tersedia di BNI. Tidak terdapat pengaruh variable Layanan Prioritas terhadap Cross selling product  Nasabah di BNI Kantor Cabang Bekasi  secara  parsial. Dalam Penelitian ini, Responden menilai bahwa Layanan Prioritas yang disediakan oleh BNI sudah dapat dinikmati cukup dengan Kartu BNI Emerald saja, tidak perlu memiliki Produk pendukung lainnya. Hal ini sebaiknya menjadi perhatian untuk dapat disosialisasikan lagi perihal Promosi, Program dan Previllege di BNI agar lebih menarik untuk meningkatkan Cross Selling Product Nasabah di BNI Kantor Cabang Bekasi.  Terdapat pengaruh secara simultan variable Bisnis Wealth Management (BWM) dan Layanan Prioritas terhadap Cross selling product  Nasabah di BNI Kantor Cabang Bekasi, ke tiga Variabel dalam penelitian ini secara bersama-sama saling terkait, karena Bisnis Wealth Management terbukti dapat meningkatkan Cross Selling Product Nasabah, namun dengan adanya Layanan Prioritas dengan Program, Promo dan Prevellge yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan Nasabah, maka Nasabah BNI Emerald akan menjadi loyal dan menjadikan BNI sebagai Bank utama untuk kebutuhan transaksi Financialnya

 

Kata kunci: Bisnis wealth management dan layanan prioritas terhadap cross selling product nasabah


Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Gulo, W., 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta, Gramedia Widyasarana Indonesia.

Alma, Buchari. (2007).Manajemen Pemasaran dan pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS21 Update PLS Regresi. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Latan, H., dan Temalagi, S. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan AplikasiMenggunakan Program IBM SPSS 20.00. Bandung:Alfabeta.

Rihad, E.E. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Transaksi Cross Selling (Studi Pada Bank Bni Syariah Kcu.Fatmawati). Skripsi Tidak Diterbitkan.Jakarta:Program Studi Muamalat (Ekonomi Islam).

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tama, B.A. (2010). Penetapan Strategi Penjualan MenggunakanAssociation Rules dalam Konteks CRM. Jurnal Akuntansi, 5, 38.

Tjiptono, F., (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta:CV. ANDI OFFSET.

Tjiptono, F., dan Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction, edisi 3. Yogyakarta:Andi Offset.

Wulansari, M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Pengalaman Pemasaran dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen KFC Cabang Gaplek Tangerang Selatan).Skripsi tidak diterbitkan.Jakarta:Program Studi Manajemen.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, dan Lie Joko Budiman. 2004. Brand Equity Ten : Strategi Memimpin Pasar. Jakarta : Gramedia.

Ferrinadewi, Erna, 2008. Merek dan Psikologi Konsumen, Graha Ilmu,. Yogyakarta

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Kertajaya, Hermawan. 2009. New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan,. Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.

Sudarsono, Edilius. 2001. Konsep Ekonomi: Uang dan Bank. Rineka Cipta: Jakarta.

Wijaya, Oeij, Sally Cornelia. 2017. Identifikasi Faktor-Faktor Kesuksesan Bisnis Keluarga PT. Abadi nawatama. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

Sugianto, Pengelolaan Harta Masyarakat Kelas Menengah Muslim Kota Medan Dengan Pendekatan Islamic Wealth Management,Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara [email protected]

Bryane Michael, Christopher Andrew Hartwell, PhD, and Gary Ho Wealth Management and Private Banking Services in Developing Markets

Inneke Jelly Pandeirot, Pengaruh Trust In A Brand, Product Diversification Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Membeli Produk Wealth Management BNI Kanwil Manado

The struggle to belong: Dealing with diversity in 21st Century urban settings,Amsterdam, 7-9th July 2011, The privileged world city: Private banking, wealth management and the bespoke servicing of the global super-rich.

Narda Rahita Dian Shinta, Strategi Cross Selling oleh Customer Service Dalam Rangka Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Di Bank Syari’ah Mandiri KCP Gombong

Mr. Anurag Kumar, Cross Selling, Research Scholar, M.J.P.Rohilkhand University,Bareilly & Assistant Professor, Accurate Institute of Advanced Management,Greater Noida, U.P

Yasar F. Jarrar, Cross-selling in the financial sector: Customer profitability is key Received (in revised form): 18th December, 2001

Endang Nuryadin, Upaya Meningkatkan Pendapat Bank Melalui Optimalisasi Cross Selling Terhadap Pelanggan, Staf Peneliti LIPI, Jakarta & Staf Pengajar Fakultas Ekonomi, UBiNus, Jakarta

Ervin Yulianto, Pengaruh Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Transaksi Cross Selling Nasabah PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Madiun [email protected] Isharijadi2 Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Madiun [email protected]

Nabsiah Abdul Wahida,*, Syafrizalb and Ishak Ismailc, The Importance of Priority Banking Services in Indonesia a School of Business, Universiti Sains Malaysia, 11800 Minden, Pulau Pinang, Malaysia.

Yaser Taufik Syamlan and Abdurrahman Misno BP P-ISSN 1907–8145; E-ISSN 2460–0717 Page: 41-62 Priority Banking Services in Indonesia in Islamic Perspectives




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v2i2.764

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

(FE UBHARAJAYA)