STRATEGI MENGHADAPI PERKEMBANGAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DALAM BISNIS INTERNASIONAL
Sari
Pasca Pandemi Covid 19 ini industri makanan dan minuman mulai mengalami peningkatan yang sangat pesat didukung dengan era industri 4.0 yang memanfaatkan layanan pesan antar makanan melalui e-commerce, aplikasi berbasis cloud, cloud kitchen dan lainnya. Hal tersebut membantu industri makanan dan minuman dalam berkembang di masa yang mendatang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan industri makanan dan minuman dalam bisnis internasional dan strategi seperti apa yang tepat untuk pelaku industri. Beberapa strategi yang dapat dilakukan pelaku industri makanan dan minuman ini adalah memanfaatkan teknologi digital yang semakin canggih, dapat mengantisipasi kemungkinan kelangkaan bahan produksi, dan terus berusaha mengikuti kebutuhan dan keinginan konsumen yang saat ini cenderung memilih makanan yang sehat dan aman.
Kata kunci: Strategi, Pengembangan Industri, Makanan dan Minuman, Bisnis Internasional
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Almansour, M. (2022). Food start-ups: leveraging digital marketing and disruptive information systems innovations to survive in the post-COVID environment. European Journal of Innovation Management, (ahead-of-print).
Eden, L., Dai, L., and Li., D. (2010). International Business, International Management, and International Strategy: What's in. Taylor & Francis, Ltd.
Fitriani, E. (2019). Analisis pengaruh perdagangan internasional terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 9(1), 17-26.
Herawati, A., & Putra, A. S. (2018). The influence of fundamental analysis on stock prices: The case of food and beverage industries. European Research Studies, 21(3), 316-326.
Fintreswari, D. G., & Sutiono, F. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Industri Food and Beverage. Jurnal Online Insan Akuntan, 2(2), 203–216.
Raimo, N., de Nuccio, E., Giakoumelou, A., Petruzzella, F., & Vitolla, F. (2020). Non-financial information and cost of equity capital: An empirical analysis in the food and beverage industry. British Food Journal, 123(1), 49-65.
Septiningrum, Liana Dwi. "Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Food And Beverage Di Era Pandemi Covid 19." JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 8, no. 1 (2021).
Soehardi, S. (2021). Strategi Pemberdayaan Umkm Jatim Dalam Menghadapi Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 77-87.
Sularsih, Hermi, and Akhamad Nasir. "Strategi UMKM dalam meningkatkan pendapatan di masa pandemi COVID-19 guna mempertahankan kelangsungan usaha di era revolusi industri 4.0 (studi pada UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Pasuruan)." Jurnal Paradigma Ekonomika 16, no. 4 (2021): 763-772.
Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jmu.v5i1.1183
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara telah terindeks:
Diterbitkan dan dikelola oleh:
Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Jl. Raya Perjuangan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi
Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License