Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Metode COBIT 4.1 (Studi Kasus : PT.IMI)

Ibnu Dwi Lesmono, Denny Erca

Sari


Kemajuan disetiap bidang tak lepas dari teknologi sebagai penunjangnya, terutama teknologi informasi. Akan tetapi hal tersebut harus dimbangi dengan adanya sebuah evaluasi atau audit terhadap penggunaan Teknologi informasi itu sendiri sehingga ancaman atau kerugian dapat diminimalkan ataupun dicegah. Pada Penelitian ini penulis berupaya menemukan dan mengetahui apakah tata kelola Teknologi informasi sudah di terapkan dengan baik dan efektif sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Karena  hal ini sangat penting mengingat besarnya biaya yang harus di keluarkan oleh perusahaan dalam menerapkan teknologi informasi khususnya pada PT.IMI agar biaya yang dikeluarkan tidaklah sia-sia dan memberikan manfaat sesuai target yang diinginkan oleh perusahaan dalam rangka mewujudkan visi dan misi. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana kinerja sistem informasi administrasi logistic dan juga memberikan rekomendasi tata kelola perbaikan setelah mengetahui kesenjangan antara tata kelola saat ini dengan tata kelola yang diharapkan atau standard-standard yang diharapkan perusahaan pada proses bisnisnya sesuai dengan framework yang digunakan. Framework yang digunakan dalam penelitian ini adalah COBIT versi 4.1 khusus pada domain Deliver and Support (DS). Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, kuesioner dan wawancara  dengan narasumber yang telah ditentukan sesuai dengan domain dan Control Objective yang digunakan. Metode yang di gunakan penulis dalam menganalisa data menggunakan 4 tahapan, yaitu menentukan level domain, menentukan proses kendali, menentukan indikator dan pemetaan tingkat kematangannya. Sehingga hasil dari penelitian ini nantinya dapat diketahui tingkat kematangan (maturity level) pada proses bisnis yang berjalan di PT.IMI khusus pada Domain DS, yaitu berada pada level 4 yang berarti sudah terukur dan terintegrasi antar proses yang berlangsung dan memberikan rekomendasi kepada perusahaan agar penerapan Teknologi Informasi dapat lebih baik, efektif dan efisien.


Kata Kunci


Audit Sistem Informasi, Administrasi Logistic, COBIT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amnah, 2012 “Audit Sistem Informasi Pada Perusahaan Dagang Aneka Gemilang Bandar Lampung Mengunakan Framework Cobit 4.1”. Jurnal Informatika, Vol. 12, No. 2

Dhipiya, Finh Yutta. 2012. Audit Sistem Informasi Instalasi Rawat Inap Berdasarkan Perspektif Pelanggan Balanced Scorecard Menggunakan Standar CobiT 4.1. Surabaya:Tugas Akhir STIKOM Surabaya.

I Putu Agus Swastika, 2016, Audit Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi : Implementasi dan Studi Kasus.

Junita, Evy. (2012). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi Melalui Pendekatan Maturity Assesment Tools COBIT 4.1 : Studi Kasus Pada PT. Semen Gresik Persero, TBK.

Neni Purwati, 2014 “Audit Sistem Informasi Akademik Menggunakan Framework Cobit 4.1 ( Study Kasus IBI Darmajaya)”. Jurnal Informatika, Vol. 14, No. 2

Noor Azizah, 2017 “Audit Ssitem Informasi Menggunakan Framework Cobit 4.1Pada E-learning UNISNU Jepara”. Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 1 April 2017 ISSN: 2252-4983

Nugraha, Riza. (2012). Pengukuran Tingkat Kematangan Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 Studi Kasus Pada PT.XYZ, Tesis, UI, Depok.

Purnomo , L. H., & Tjahyanto , A. (2007). Perancangan Model Tata Kelola Ketersediaan Layanan Ti Menggunakan Framework Cobit Pada BPK-RI.

IT Governance Institute (2008b), “COBIT Mapping: Mapping of ITIL v3 With COBIT 4.1”, IT Governance Institute.

IT Governance Institute (2007a), “COBIT 4.1 Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models”, IT Governance Institute.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jki.v18i1.198

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)