Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Andil Pemerintah dalam Menghadapi Perdagangan Bebas

Widi Winarso

Sari


Tidak adanya penghalang dalam berbagai aspek didunia global mendorong terjadinya invasi perdagangan, pertukaran barang dan tekhnologi yang lebih meluas antar penduduk dan antar negara. Hampir tidak ada hambatan berarti bagi produk atau keluaran dari suatu negara ke negara lain. Dilain sisi produk yang tidak bisa mengembangkan diri dan tidak bisa berinovasi dari berbagai hal akan tersisih dengan sendirinya dari gelanggang persaingan. Ekonomi kreatif merupakan suatu
konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Penulis ingin mengetahui apakah ekonomi kreatif berbasis Information Technologi bisa tetap eksis dan memberi kontribusi posistif bagi peningkatan Product Domestik Bruto. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalis data hasil dari penelitian tersebut. Akhirnya peran serta pemerintah dalam memberikan ruang gerak yang optimal bagi ekonomi kreatif sangat dibutuhkan seperti regulasi dan proteksi.

Kata Kunci


ekonomi kreatif, peran serta pemerintah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayodya, Wulan. Business Plan Usaha Kuliner Skala UMKM. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.

Fundbisnis.com. Pengertian ekonomi kreatif dan industri kreatif menurut para ahli. 4 Juli 2014. http://www.fundbisnis.com/pengertian-ekonomi-kreatif-dan-industrikreatif-menurut-para-ahli/html (diakses pada 23 September 2016).

Harsono, Budi. Tiap Orang Bisa Menjadi Pengusaha Sukses Melalui UMKM. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

Lembaga Sandi Negara. Program Pengembangan Ekonomi Kreatif Dalam Pembangunan Nasional. 27 November 2012. http:// www.lemsaneg.go.id/index.php/programpengembangan-ekonomi-kreatif-dalampembangunan-nasional-2/(diakses pada 15 Desember 2016).

Okezone Finance. Strategi UKM Hadapi MEA. 14 Januari 2016. http://economy.okezone.com/read/2016/01/14/320/1288073/strategi-ukm-hadapi-mea (diakses pada 4 Oktober 2016).

Sumodiningrat. Gunawan, Menuju Ekonomi Berdikari Pemberdayaan UMKM. Jakarta: Media Presindo, 2015 http://www.kemenperin.go.id/ (diakses pada

september 2016).

https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/35#subjekViewTab3|accordion-daftarsubjek2 (diakses pada 15 Desember 2016). https://www.ekon.go.id/ (diakses 15 Desember2016). http://www.lemsaneg.go.id/index.php/

program-pengembangan-ekonomi-kreatifdalam-pembangunan-nasional-2/

(diakses pada 15 desember 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jki.v17i1.67

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)