Analisis Tingkat Technopreneurship Pada UMKM

Nissa Almira Mayangky, Nur Fiyah, Doni Purnama Alamsyah

Sari


Salah satu faktor perkembangan UMKM di Indonesia adalah kebutuhan gaya dan pola hidup yang semakin tinggi sehingga mendorong masyarakat untuk membeli makanan siap saji dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, hal inilah yang membuat bisnis kuliner sangat menjanjikan. R&D Frozen Food merupakan sebuah UMKM yang memasarkan makanan frozen food dengan harga yang terjangkau sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli. Pemasaran R&D Frozen Food hanya melalui sosial media saja, sehingga perlu peningkatan kemampuan dalam penggunaan teknologi untuk memasarkan produk. Tingkat kemampuan R&D Frozen Food dapat dikelompokkan ke dalam 6 tingkat technopreneurship meliputi: 1) Produsen teknologi; 2) Manajer teknologi; 3) Konsumen teknologi; 4) Sadar teknologi; 5) Tidak sadar teknologi; dan 6) Puas terhadap capaian saat ini. Pendampingan dan pelatihan pada UMKM ini lebih ditekankan pada peningkatan kemampuan penelitian dan pengembangan produk, penjaminan dan standarisasi kualitas pada produk yang sudah ada. Teknologi yang dibutuhkan oleh R&D Frozen Food Cikarang adalah teknologi sederhana yang tidak membutuhkan dana besar dalam pengadaannya, sehingga stimulant dana yang dibutuhkan tidak besar dan dapat dijangkau oleh para reseller. Strategi yang diterapkan R&D Frozen Food Cikarang berupa bantuan teknologi tepat guna serta pendampingan usaha, melalui pendampingan tersebut mereka dikenalkan pada alternatif pasar yang lebih luas serta peningkatan efisiensi dan produktifitas usaha.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, R., & Permana, D. (2017). Prosedur Standar Operasional Pelayanan Dinner di Gardenia Restaurant Amaroossa Hotel Bandung. Jurnal Kajian Ilmiah, 17(3).

Imam Baihaqi, M. N. (2015). Lembaga Pengembangan Pendidikan, Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (LP2KHA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya 2015, 100.

Negara, P., & Berkembang, N. (n.d.). Bab 1 Pendahuluan.

Nelloh, L. A. M. (2018). Proses Kewirausahaan dalam Motivasi Pencapaian dan Intensi “E-Preneurs” Mahasiswa Bisnis dan Manajemen. Jurnal Kajian Ilmiah, 18(1).

Wibawa, R. P., Nurdiansyah, D. K., & Romelah, S. (2018). Analisis tingkat, 170–175.

Wicaksono, E. K., & Nurnida, I. (2017). Analisis Penerapan Technopreneurship pada Perusahaan Energi Alternatif ( Studi Pada CV Wahana Putera Ideas Bandung) Analysis of Technopreneurship Applications in Alternative Energy Company (Study in CV Wahana Putera Ideas Bandung ), 4(2), 1831–1837.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jki.v19i2.435

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)