Validitas Children Behavior Questionnaire (CBQ) di Penjaringan Jakarta Utara

Nursakinah Oktaviana Sasmita

Sari


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tentang distribusi jawaban per item, reliabilitas dan validitas internal konsistensi dari Skala Children Behavior Questionnaire (CBQ) dari struktur temperamen data CBQ. Responden dalam penelitian ini, berjumlah 118 pengasuh anak (orang tua) yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara. CBQ mempunyai tiga faktor, yaitu surgency (SR), negativve affectivity (NA) dan effortful control (EC). Walaupun, distribusi jawaban terbilang kurang memuaskan, tapi skala ini mempunyai internal konsistensi yang cukup. Reliabilitas untuk skala ini dikatakan cukup dengan validitas yang rendah. Ini mungkin berhubungan dengan kurangnya perhatian dari orang tua kepada anaknya. Faktor pendidikan dan ekonomi orang tua adalah hal yang penting dalam artikel ini. Namun, hal ini tidak dapat digeneralisasi karena sampel yang digunakan sedikit dan data yang digunakan hanya untuk seputar wilayah Jakarta Utara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjemahan dari skala CBQ memerlukan untuk dikoreksi kembali untuk penelitian lebih lanjut.

Kata Kunci


Children Behavior Questionnaire (CBQ), Validitas, Temperamen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, D., Rostam, K., & Awang, A. H. (2017). Prestasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir di Jakarta Utara, Indonesia: Satu penilaian awal (The economic empowerment p rogramme for coastal communities in North Jakarta, Indonesia: A preliminary assessment). Geografia-Malaysian Journal of Society and Space, 6(3).

Ek, A., Sorjonen, K., Eli, K., Lindberg, L., Nyman, J., Marcus, C., & Nowicka, P. (2016). Associations between parental concerns about preschoolers’ weight and eating and parental feeding practices: results from analyses of the child eating behavior questionnaire, the Child Feeding Questionnaire, and the lifestyle behavior checklist. PloS one, 11(1).

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. RAUDHAH, 4(2).

Hildayani, R., Sugianto, M., Tarigan, R., & Handayani, E. (2014). Psikologi perkembangan anak.

Herawati, N. I. (2018). MENGHADAPI ANAK USIA DINI YANG TEMPER TANTRUM. Cakrawala Dini, 3(2).

Holder, Mark and Andrea Klassen. (2010). Temperament and Happiness in Children. Journall of Happiness Studi Vol 11.

Kinniburgh, K. J., Blaustein, M., Spinazzola, J., & Van der Kolk, B. A. (2017). Attachment, Self-Regulation, and Competency: A comprehensive intervention framework for children with complex trauma. Psychiatric annals, 35(5), 424-430.

Kurniasari, A. (2015). Kekerasan versus disiplin dalam pengasuhan anak. Sosio Informa.

Kusanagi, Emiko. (1993). A Psychometric Examination of The Children’s Behavior Questionnaire. Hokaido University Collection of Scholarly and Academic Papers: HUSCAP. (25-33).

Mayes, S. D., Lockridge, R., & Tierney, C. D. (2017). Tantrums are Not Associated with Speech or Language Deficits in Preschool Children with Autism. Journal of Developmental and Physical Disabilities, 29(4), 587-596.

Moris, dkk. (2017). The Impact of Parenting on Emotion regulation During Childhood and Adolescence. The Society for Research in Child Development. Volume 11, Number 4, 2017, 233-238.

Ningtyas, Amanah Rahma. (2014). Karakter Anak Usia Dini yang Tinggal Di daerah Pesisir Pantai. Universitas Negeri Jakarta.

Oren, Meral. (2006). Child Temperament, Gender, Teacher-Child Relationship and Teacher-Child Interactions. The Florida State University.

Pekrun, Reinhard. (2017). Emotion and Achievement During Adolescent. The Society for research in Child Development. Volume 11, Number 3. 2017. Pages 215-221

Pelco, Havill and Victor E-Reed. (2001). Confirmatory Factor Analysis of The Temperament Assessment Battery For Children-Revised: Parent Form. Journal of Psychological Assessment. 19.

Pila, E., Tignor, S., Gilchrist, J., Sabiston, C., Fombelle, P., & Sirianni, N. (2016). Self-conscious emotions in response to physical activity success and failure: findings from a global 112-day pedometer intervention. Journal of Exercise, Movement, and Sport (SCAPPS refereed abstracts repository), 48(1).

Purnamasari, K. I. (2017). HUBUNGAN STIMULASI ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 8(1).

Puspitasari, I. F. (2015). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Remaja (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA).

Putnam, Samuel dan Rothbart. M. (2006). Development of Short and Very Short Forms of the Children’s Behavior Questionnaire. Journal of Personality Assessment, 87(1),103-113, Lawrence Erlbaum, Inc

Rosemarie, DiBiase. (1990). Temperament and Emotional Expression in Infancy: A Short Term Longitudinal Study. Temple University.

Rothbart, dkk. (2001). Investigations of Temperament at Three to Seven Years The Children’s Behavior Questionnaire. Child Development, Vol 72.

Rothbart. (2007). Temperament, Development and Personality. Association For Psychological Science. University of Oregon.

Rothbart, Mary K. (2011). Becoming Who We Are: Temperament and Personality in Develompment. Guilford Publications.

Santrock, John W. (2007). Child Development. 11th edision. Mc Graw Hill Higsher Education.

Sleddens, dkk. (2011). Validating the Children’s Behavior Questionnaire in Dutvh Children: Psychometric Properties and a Cross-Cultural Comparison of Factor Structures. American Structure Associattion.

Slobodskaya, at all. (2012). Early Temperament in Japan, The United States, and Rusia: Do Cross – Cultural Differences Decrease With Age?. Journal of Cross-Cultural Psychology 44 (3) page 438-460.

Sufriani, S., & Sari, E. P. (2017). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH. Idea Nursing Journal, 8(3).

Wahyuni, Sri. (2015). Perilaku Anak Rambut Gimbal Usia 3-6 tahun di Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo ditinjau dari Temperamen. Skripsi Universitas Negeri Semarang

Wen, S., & Wan, X. (2014, July). Emotion Classification in Microblog Texts Using Class Sequential Rules. In AAAI (pp. 187-193)




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jki.v18i3.313

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)