Strategi Experiential Marketing Sebagai Metode Pendekatan Dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan Sabda Alam Garut

Rian Andriani, Rikrik Fatimah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor experiental marketing dalam meningkatkan revisit intention di Sabda Alam yang merupakan salah satu obyek wisata di Cipanas Garut berkawasan strategis dan merupakan taman air terbesar dikawasan Cipanas. Seiring berjalannya waktu, Sabda Alam menjadi salah satu obyek yang memiliki kendala pada kualitas produknya, hal tersebut terbukti dengan menurunnya minat kunjungan ulang wisatawan Sabda Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi experiential marketing yang digunakan dapat meningkatkan revisit intention wisatawan di Sabda Alam, karena strategi ini merupakan pendekatan pemasaran yang paling efektif digunakan dalam menghasilkan pengunjung yang puas dan loyal di Sabda Alam

Kata Kunci


Strategi Pemasaran, Experiential Marketing, Revisit Intention

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andreani, Fransisca. 2007. “Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran).†Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1, h. 1-8.

Assauri, Sofyan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Lembaga penerbit fakultas ekonomi universitas indonesia.

Basuki, Sulistyo. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Penaku.

Fajar, Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Hurriyati, R., & Widiastuti, I. (2008). Pengaruh Pemasaran Eksperiensial Terhadap Retensi Pelanggan Pada Pengunjung Resort &Spa Kampung Sampireun Garut. Strategic, 7(13), 1-19.

Kuo, Chen – Tsai. (2011). Tourist Satisfaction and Intention to Revisit Sun Moon Lake.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lin, C.H. 2012. Effects of Cuisine Experience, Psychological Well-Being, And Self- Health Perception on the Revisit Intention of Hot Springs Tourist. Journal of Hospitality & Tourism Research, p. 1-22.

Malhotra, Naresh. 2007. Marketing Research an Applied Orientation. International Edition: Person.

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Natasha, A,. & Kristanti, D. D. (2013). Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen di Modern Cafe Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1 (2), 1-9.

Oeyono, J. T. (2013). Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Intervening Variabel di Tator Cafe




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jki.v18i3.287

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)