Pengaruh Prilaku Kepemimpinan Pengawas Terhadap Kinerja Operator Alat Berat Pada Kontraktor Pertambangan

Supardi Supardi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh prilaku kepemimpinan pengawas produksi terhadap kinerja operator alat berat pada industri pertambangan mineral dan batubara.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan sistem sensus melalui kuisioner. Responden dalam penelitian ini adalah pengawas selaku atasan (14 orang) dan operator alat berat selaku bawahan (125 orang), teknik pengolahan data dan analisa model menggunakan program SPSS versi 20.0

Dari hasil penelitian diketahui bahwa prilaku kepemimpinan pengawas berpengaruh secara positif dan hubungan yang cukup kuat terhadap kinerja operator alat berat.

Rekomendasi terkait penelitian ini adalah untuk mendukung peningkatan kinerja operator alat berat maka prilaku kepemimpinan pengawas produksi terutama fungsi instruksi, fungsi konsultasi dan fungsi pengendalian harus dijalankan di industri pertambangan mineral dan batubara.

Kata Kunci


Prilaku Kepemimpinan Pengawas, Kinerja Operator Alat Berat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. (2009). Pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta dampaknya pada kinerja perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 10(2), 124-135.

Rambe, D, Setyawati, I (2017), Managing Stress To Improve The Human Resources Performance, Journal International Journal of Scientific & Technology Research, Vol. 4 (8), pp.24-28

Diposumarto, N. S. (2012). Metodologi Penelitian Teori dan Terapan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hakim, A. (2016). Kontribusi Lingkungan Kerja, Perilaku Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Balai Wilayah Sungai Sulawesi. Jurnal Manajemen Untar, 20(2).

Ibrahim, M. Y., & Amin, A. (2017). Model kepemimpinan pengajaran pengetua dan kompetensi pengajaran guru. JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 2(1), 11-25.

Kumentas, C. N. (2013). Pengaruh TQM, Sistem Pengukuran Kinerja dan Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial PT. Pos Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Kurnianingsih, R., & Indriantoro, N. (2001). Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan terhadap Keefektifan Penerapan Teknik Total Quality Management Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. The Indonesian Journal of Accounting Research, 4(1).

Mangkunegara, A. P. (2006). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mintje, N. (2013). Pengaruh TQM, Sistem Penghargaan Dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Narsa, I. M., & Yuniawati, R. D. (2004). Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Pengukuran Kinerja Dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Studi Empiris Pada Pt. Telkom Divre V Surabaya. Jurnal akuntansi dan Keuangan, 5(1), 18-34.

Permatasari, R. D., Swasto, B., & Iqbal, M. (2016). Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 33(1), 52-60.

Pratitha, A. D., Priyatama, A. N., & Karyanta, N. A. (2016). Hubungan antara Konflik Kerja dan Perilaku Kepemimpinan dengan Kinerja Karyawan pada PT AG Kantor Pusat. Wacana, 8(15).

Prishardoyo, B. (2008). Analisis Tingkat Pertumbuhan Ekonomi dan Potensi Ekonomi Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Pati Tahun 2000-2005. JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, 1(1).

Rivai, V. (2005). Manajemen SDM untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek (Edisi Kesatu ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rivai, V. (2008). Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi (Edisi Kedua ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ruvendi, R. (2018). Imbalan dan gaya kepemimpinan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja karyawan di Balai Besar Industri Hasil Pertanian Bogor. Jurnal ilmiah binaniaga, 1(01), 17-26.

Soedarsono, & Dewi K. (2007). Manajemen Komunikasi dan Pengaruhnya terhadap Kinerja SDM di Radio Siaran Swastya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sulaeman, E. S., Murti, B., & Waryana, W. (2015). Peran Kepemimpinan, Modal Sosial, Akses Informasi serta Petugas dan Fasilitator Kesehatan dalam Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan. Kesmas: National Public Health Journal, 9(4), 353-361.

Wibowo. (2009). Manajemen Kinerja (Edisi Kedua ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yasir, Y. (2017). PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA MADRSAH DAN KEPUASAN KERJA GURU DENGAN KINERJA DI MTS NEGERI 2 MEDAN. Benchmarking, 1(1).

Yuniarti, D., & Suprianto, E. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DIREKTOREAT OPERASI/PRODUKSI PT. X. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jki.v18i3.276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)