Analisa Penjualan Produk Retail Dengan Metode Data Mining Asosiasi

Mokhammad Hadi Prayitno, Rasim Rasim

Sari


Dalam melakukan analisis penjualan dapat dilakukan dalam beberapa sudut pandang, salah satunya yaitu melakukan analisis terhadap barang yang sering muncul dan dibeli bersamaan oleh pelanggan. Hal ini bertujuan agar penyediaan barang memiliki sifat yang saling berhubungan atau membentuk aturan assosiasi. Setiap barang akan memiliki nilai penunjang dan nilai kepastian. Metode yang digunakan untuk menangani masalah ini adalah Data Mining Asosiasi dengan menerapkan algoritma apriori pada proses pembacaan data transaksi pada database. Untuk membantu mencapai hasil akhir yang optimal, digunakan software Rapid Miner. Hasil dari penerapan assosiation rule ini dapat digunakan sebagi bahan pertimbangan dalam membuat keputusan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif, khususnya barang dagang yang seharusnya diadakan.


Kata Kunci


data mining asosiasi, algoritma apriori, rapid miner

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, D., Pujotomo, D., & Puspitasari, D. (2015). Pengembangan Strategi Hubungan Pelanggan Berdasarkan Segmentasi Pelanggan Menggunakan Data Mining. Industrial Engineering Online Journal, 4(2).

Agrawal, S., & Agrawal, J. (2015). Survey on anomaly detection using data mining techniques. Procedia Computer Science, 60, 708-713.

Cristina, C., & Kurniawan, A. (2018). Sejarah, Penerapan, dan Analisis Resiko dari Neural Network: Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 259-270.

Dabholkar, P. A., Thorpe, D. I., & Rentz, J. O. (1996). A measure of service quality for retail stores: scale development and validation. Journal of the Academy of marketing Science, 24(1), 3.

Dennis Aprilla C, d. (2013). "Belajar Data Mining dengan Rapidminer". Jakarta.

Euis, S. (2008). " Analisis industri ritel di Indonesia". Semarang.

Fallis, A.G. (2013). Information and Modeling Discovering Knowledge in Data, Journal of Chemical, 53

Gilbert, David. (2003). Retailing Marketing Management (2nd ed.). England: Prentice-Hal

Kartika Pane D. (2013) “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektrik Dengan Algoritma Aprioriâ€, Bandung

Prabowo Pudjo Widodo R.T (2013), “Penerapan Data Mining dengan Matlab†Bandung

Setyawati, I. (2017). Tinjauan Logis Dan Filosofis Tentang Competitive Advantage.

Supriyanto A (2005),â€Pengantar Teknologi Informasiâ€, Semarang

Yanto, R., & Di Kesuma, H. (2017). Pemanfaatan Data Mining Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI, 4(1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jki.v18i3.273

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)