Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Kajian Ilmiah merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan hasil karya ilmiah baik secara teori dan empiris dari berbagai bidang ilmu yang mendukung pembangunan ekonomi Indonesia.

Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai berbagai isu yang dapat dimanfaatkan baik secara nasional maupun internasional, berkaitan upaya pembangunan ekonomi Indonesia. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical review) dan kajian empiris dari ilmu terkait, serta dapat dipertanggungjawabkan dan disebarluaskan secara nasional maupun internasional.

Jurnal Kajian Ilmiah menerima publikasi artikel ilmiah dengan area penelitian pada:

  1. Manajemen
  2. Pendidikan
  3. Teknologi
  4. Sosial Humaniora
  5. Kesehatan
  6. Agama
Tidak menutup kemungkinan dari bidang ilmu lain yang mendukung pada pembangunan ekonomi di Indonesia. Dengan artikel yang memiliki sumber sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.

Jurnal Kajian Ilmiah sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada pembangunan ekonomi Indonesia. Website Jurnal Kajian Ilmiah menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis.

Jurnal Kajian Ilmiah sebagai jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi, memiliki jadwal terbit 3 (tiga) kali dalam setahun, yaitu Januari, Mei dan September.

---------

Setiap artikel yang masuk sebelum diterbitkan akan melalui proses Cek Plagiat melalui alat bantu Plagiarisma.net. Jika diindikasi mayor plagiarisme maka Naskah ditolak untuk terbit.


 

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Jurnal Kajian Ilmiah yaitu Jurnal ilmiah hasil karya penelitian yang berbasis Online ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ).

Artikel Jurnal Kajian Ilmiah dimasukan melalui proses elektronik (OJS), sehingga setiap penulis wajib mendaftarkan diri dan memasukan naskahnya melalui OJS (Registrasi).

Setiap naskah yang masuk akan dilakukan peer review (blind review) oleh 2 (dua) reviewer. Peer review dilakukan secara online oleh reviewer dan hasilnya akan disampaikan kepada penulis melalui email.

Hasil review dapat berupa penerimaan, revisi, dan penolakan naskah. Maksimum waktu review adalah 2 (dua) bulan setelah penerimaan naskah.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Kajian Ilmiah terbit pada Januari, Mei dan September setiap tahunnya. Dan Naskah dikirim kapan pun melalui online (Registrasi). Pengiriman naskah pada setiap bulannya akan diproses untuk penerbitan yang disesuaikan dengan Bulan Penerbitan dan Kelayanakan artikel.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan support pertukaran pengetahuan global terbesar, namun disarankan terlebih dahulu daftar pada situs Jurnal Kajian Ilmiah (data pembaca/kunjungan).

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi diantara perpustakaan yang berpartisi dan mengizinkan perpustakaan itu untuk membuat arsip permanen jika tujuannya untuk preservasi dan restorasi.