Representasi Kritik Sosial Terhadap Polisi Pada Karikatur di Media Sosial

Risti Ponika, Nasaruddin Siregar, Ratna Puspita

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Representasi Kritik Sosial Terhadap Polisi Pada Karikatur Di Media Sosial (Studi Semiotika Peirce Karikatur Tentang Polisi Di akun Instagram @Poliklitik). Penelitian ini menggunakan konsep yaitu komunikasi, bentuk komunikasi verbal dan nonverbal, media massa, media sosial, karikatur, sifat karikatur, kritik sosial, jenis kritik sosial, polisi, tugas wewenang Polisi, semiotika, semiotika Charles Sanders Peirce, dan representasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan segitiga makna yaitu representament, object, dan interpretant. Hasil penelitian yang ditemukan 3 tanda tipe ikon, 6 tanda tipe indeks, dan 4 tanda tipe simbol. Pada hasil pembahasan, ditemukan representasi kritik sosial terhadap Polisi terjadi di akun instagram @poliklitik mengacu pada karikatur Seorang laki-laki disebelah kiri yang memakai pakaian polisi di sejajarkan dengan karikatur laki-aki disebelah kanan yang memakai pakaian TNI karena dalam pengakuannya telah mengimpor senjata untuk wilayah yang sedang berkonflik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, R. A., Rousyati, R. P., & Alamsyah, D. P. (2019). Analisis Penerapan Technopreneurship Pada Perusahaan Energi Alternatif. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 119-125.

Cangara, H. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Cobley, P & J. L. (2002). Mengenal Semiotika For Beginners. Bandung: Mizan.

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana

Mulyana, D. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2015). Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media. Prenamedia Group. Rosdakarya.

Sadjijono, 2008. Etika Kepolisian. Surabaya : Laksbang Mediatama.

Setyawati, I. (2016). Determinants of Growth and Profitability by Bank Specific Variable and Market Stucture in Islamic Banking in Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 15, 1-14.

Sibarani, Robert. 1992. Hakikat Bahasa. Bandung: PT. Aditya Bhakti.

Sobur. Alex. 2009. Analisis Teks Media. Bandung :RemajaRosdakarya.

Tinarbuko Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra

Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Ghalia Indonesia, Bogor.

Wibowo. 2013. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Winarso, Heru Puji. 2005. Sosiologi Komunikasi Massa. Jakarta Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Fakultas Ilmu Komunikasi

Kampus II Universitas Bhayangkara Jakarta Raya,

Jl. Raya Perjuangan, Bekasi Utara, Jawa Barat 17121

Telp: +62 21 88955882

Email: fikom.ubharajaya.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (FIKOM UBHARAJAYA)