Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2017

Wastam Wahyu Hidayat, Widi Winarso, Devi Hendrawan

Sari


Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2017. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) variabel yang terdiri dari Pajak sebagai variabel (X1), Tunneling Incentive sebagai variabel (X2), dan Transfer Pricing sebagai variabel (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh melalui website resmi www.idx.co.id. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 8 perusahaan dari 46 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pajak berpengaruh signifikan negatif terhadap keputusan transfer pricing dan tunneling incentive berpengaruh signifikansi positif terhadap keputusan transfer pricing. Koefisien determinasi sebesar 0,805 yang berarti 80,5% transfer pricing dipengaruhi oleh variabel tersebut dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azizah, Andri Puren Noor dan Marfuah. (2014). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan, Jurnal Akuntansi Vol 18 No.2.

Ghazali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jakaria, Yaya. (2015). Mengolah Data Penelitian Kuantitatif Dengan SPSS Aplikasi Data Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, Albert. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis : Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, Anang Mury. (2015) Transfer Pricing, untuk Kepentingan Pajak. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Kurniawan, Anang Mury. (2015) Pajak Internasional, Beserta Contoh Aplikasinya Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Melani, Tria (2016). Pengaruh Tax Minimization, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Kiswanto, Nancy. (2014). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 20102013. Skripsi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Noviastika F, Dwi dkk. (2016). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Berkaitan Dengan Perusahaan Asing, Jurnal Perpajakan Vol 8 No.1. Penyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 15.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER32/PJ/2011 Tentang Penerapan Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha Dalam Transaksi Antara Wajib Pajak dengan Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa.

Pramana, Aviandika Heru. (2014). Pengaruh Pajak, Bonus Plan, Tunneling Incentive dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Priyatno, Duwi (2016). SPSS Handbook : Analisis Data, Olah Data dan Penyelesaian KasusKasus Statistik. Yogyakarta: MediaKom.

Saraswati, Gusti Ayu RS dan I Ketut Sujana. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi, Vol.19 No.2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (FE UBJ)