Strategi Bisnis Kuliner Dengan Harga Premium dan Kualitas Pelayanan Dalam Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Adlin Nazli Lubis, Muhammad Richo Rianto

Sari


Penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu model empiris yang aktual melalui Kegiatan penelitian lapangan, menjastifikasi adanya pengaruh antara „Strategi harga premium‟ terhadap tingkat „kepuasan pelanggan‟ dan adanya pengaruh dari „Kualitas pelayanan‟ terhadap „kepuasan pelanggan‟ dan „Loyalitas pelanggan‟. Dari kegiatan bisnis kuliner Mie „La-Oranye‟. Penelitian ini dilakukan di usaha Kuliner yang merupakan anak dari Perusahaan PT Infra Tama dengan Brand Mie La-Oranye, yang terletak di Ruko Villa Mutiara gading 3, Bekasi Utara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan „Structural Equation Model’ (SEM), dengan menggunakan software AMOS 18. Hasil Penelitian menunjukkan Uji Confirmatory Factor Analysis (CFA) pada model pengukuran memperlihatkan nilai tertinggi pada indikator „Spesifikasi‟ (0.735) dan „rasa‟ (0.627) yang menjelaskan konstrak Strategi Harga Premium (SHP), Sedangkan indikator „Tanggap‟(0.769) dan „Tampilan Fisik‟ (0.674) menjelaskan konstruk Kualitas Jasa Pelayanan (KJP). Temuan hasil penelitian ini memvalidasi bahwa kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dengan pengaruh total sebesar 0.685, terlihat berperan sebagai „penggerak utama‟ (major driver) terhadap „kesetiaan pelanggan (customer loyalty) pada restoran kuliner „La Oranye‟, sehingga harus dipertahankan dan ditingkatkan di masa depan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi, (2013), Produser penelitian suatu pendekatan praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Atyotedjo. (2006). Pengaruh Kualitas Jasa, Kepuasan dan Komitmen Pelanggan terhadap Loyalitas Konsumen Pada Bisnis Ritel, http:/www.dglib.uns.ac.id

Babin, Barry J, Yong-Ki Lee, Eun-Ju Kim, Mitch Griffin. 2005. Modeling Consumer Satisfaction and Word- of- Mouth : Restaurant Patronage in Korea. Journal of Services Marketing, 19, pp. 133-139.

Bennett. R and Barkensio A. (2005). Relationship quality, relationship marketing, and client perceptions of the levels of service quality of charitable organisations, International Journal of Service Industry Management , 16(1) 81¬106

Best, R., (2009). Market-Based Management: Strategies for growing customer value and profitability. 5thedition. Pearson, Prentice Hall

Bungin, (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Croonin, J.J. dan Taylor, S.A., (2002). SERVPERF versus SERVQUAL : Reconciling Performance Based and Perceptions-minusexpectations Measurement of Service Quality, Journal of Marketing, Vol. 58, No.1, pp.125-131

Intentions In The Service Factory. The Journal of Service Marketing, vol. 20, No.1. pp. 59-72.

Ferdinand, Augusty, (2002). Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Semarang: BP UNDIP.

Gerson, Richard F, Mengukur Kepuasan Pelanggan, Penerbit PPM, 2002

Ghozali, Imam. (2004). Model Persamaan Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan program AMOS Ver. 5.0., Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Haghighi, M dkk . (2012). Evaluation of factors affecting customer loyalty in the restaurant industry. Parsabed, Iran: African Journal of Business Management Vol. 6(14), pp. 50395046, 11 April, 2012).

Haryono, Siswoyo dan Parwoto Wardoyo.,(2012). Structural Equation Model (SEM), Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS 18.00, Jakarta: Penerbit PT Intermedia Personalia Utama

Indahwati, D, Licen, 2004. Loyalty and Disloyalty: Sebuah Pandangan Komprehensif Dalam Analisa Loyalitas Pelanggan, Kinerja, Vol.8,No.2 2004:166-176

Irawan, handi, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Jasfar, Farida, (2002). Kualitas Jasa Dan Hubungannya Dengan Loyalitas Serta Komitmen: Studi Pada Pelanggan Salon Kecantikan, Jurnal Siasat Bisnis No. 7, Vol.1,2002: 43-63

Juran, J.M. and Godfrey, A.B.. (2000). Juran‟squality handbook, 5th edn, McGraw-Hill: Singapore.

Kotler, P., Keller, K.L., (2009). Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta Kenneth C. Laudon & Jane P. Laudon, (2012). Management Information Systems, Managing the Digital Firm, 12e, London: Prentice Hall/Course, p. 15

Munawaroh, Munjiati (2000). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan pada Industri Pendidikan di Jogyakarta, Jurnal Siasat Bisnis No.5 Vol 2.

Oliver, Richard. L. (1999). “Whence Customer Loyalty), Journal of Marketing, Vol. 63 (5), Special Issue, pp.33-44.

Parasuraman, Zeithaml, A.V. dan Berry L.L. (1994), Reassesment of Expectations as a Comparison Standar in Measuring Service Quality: Implications for Further Research’, Journal of Marketing, Vol. 9:111-124.

Reichheld, F.F. (2003) “The one number you need to grow”, Harvard Business Review, Vol.81, No.12, pp.485-491.

Rundle-Thiele,S. and Mackay, M.A. (2001).“Assessing the performance of brand loyalty measures”, Journal of Services Market, Vol. 15 pp. 529-546.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (FE UBJ)