Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan Atas Persistensi Laba Perusahaan Manufaktur di BEI

Cahyadi Husadha, Tutiek Yoganingsih, Wilda Mahmudah, Elia Rossa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan atas persistensi laba perusahaan manufaktur di BEI. Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskripsi kuantitatif. Dalam penelitian deskripsi kuantitatif, analisis data yang dipergunakan adalah analisis statistik. Data dari hasil analisis statitik tersebut, selanjutnya akan disajikan dalam bentuk data statistik dengan menggunakan program aplikasi SPSS. Kemudian, hasil penelitian ini menunjukkan adanya perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan atas persistensi laba perusahaan manufaktur di BEI. Berdasarkan hasil penelitian; 1) untuk variabel perencanaan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba, dapat dilihat dari hasil uji t (parsial) yaitu nilai t hitung 0,929 < t tabel 1,960; 2) untuk variabel beban pajak tangguhan mempunyai pengaruh signifikan terhadap persistensi laba. Dapat dilihat dari hasi uji t yaitu nilai t hitung 2,049 > t tabel 1,960; 3) untuk variabel perencanaan pajak tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap persistensi laba yang berarti perusahaan tidak melakukan manajemen laba untuk perencanaan pajak, artinya, manajemen laba yang dilakukan perusahaan tidak bertujuan untuk memanipulasi jumlah pajak yang dibayarkan perusahaan, sehingga laba yang didapat tetap berkualitas dan persisten.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barus, Andreani Caroline. (2015). Pengaruh Asimetri Informasi, Mekanisme Corporate Governance, dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Vol. 5, No. 01, 2015. Hal. 31-40.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo.

Pohan, Chairil Anwar. (2015). Manajemen Perpajakan Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Salsabila, Azzahra, Dudi Pratomo. Annisa Nurbaiti. (2016). Pengaruh Book Tax Differences dan Aliran Arus Kas terhadap Persistensi Laba. Jurnal Akuntansi. Vol. XX. No. 02. 2016. Hal. 314-329.

Sholihin, Ahmad Ifham. (2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka

Suandy, Erly. (2013). Perencanaan Pajak. Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Sulastri, Desra Afri. 2014. Pengaruh Volatilitas Arus Kas, Volatilitas Penjualan, Desaran Akrual, Dan Tingkat Hutang Terhadap Persistensi Laba. Artikel Universitas Negeri Padang.

Sunarto, 2008. Peran Persistensi Laba Memperlemah Hubungan Antara Earnings Opacity Dengan Cost Of Equity Dan Trading Volume Activity Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public di Indonesia Selain Sektor Keuangan Dan Properti. Semarang. Universitas Diponegoro.

Wijayanti, Sri. (2006). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan terhadap Persistensi Laba dan Manajemen Laba. Universitas Negeri Surabaya.

Zdulhiyanov. (2015). Pengaruh Book Tax Differences terhadap Persistensi Laba: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2011. Universitas Negeri Padang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (FE UBJ)