Pengaruh Adversity Quotient Pada Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Indah Rizki Maulia

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari Adversity Quotient pada Intensi Berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.Sampel penelitian adalah mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya yang telah berada pada tingkat 2 dan  tingkat diatasnya dengan total jumlah sampel sebesar 113 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala pengukuran adversity quotient dan intensi berwirausaha. Validitas kedua alat ukur diuji dengan Pearson Product Moment dan reliabilitasnya diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari Adversity Quotient pada Intensi Berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya di level signifikansi 0,05. Adversity Quotient mempengaruhi 14,5% dari nilai Intensi Berwirausaha. Persamaan regresi yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Y=83,174+0,306X, dengan demikian tiap kenaikan sebesar 1 poin nilai Adversity Quotient akan menaikkan nilai Intensi Berwirausaha sebesar 0,306


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bratman, M. (1987). Intention, Plans, and Practical Reason. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press.

Fishbein, M. & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Hadi,S. (2016). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hurts, K. (2016). The Secret Law of Attraction: Master the Power of Intention. London: Greater Minds,Ltd.

Lind,D.A.,et al. (2017). Teknik-teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi (Penerjemah:Hartarto,R.B.). Jakarta : Salemba Empat.

Rusdiana,H.A. (2018). Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Bandung:Pustaka Setia.Salma,N. (2018). Menperin Minta Perguruan Tinggi Buat Lokakarya Wirausaha. https://swa.co.id/swa/trends/menperinminta-perguruan-tinggi-buat-lokakaryawirausaha. SWA,11 Desember.

Suryabrata,S. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis (3rd ed.). Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Suryana,Y., & Bayu,K. (2014). Kewirausahaan : Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Stoltz,P.G. (2000). Adversity Quotient: Turning Obstacles Into Opprtunities. Canada: John Wiley & Sons,Inc.

Zimmerer,T.W.,& Scarborough,N.M. (2005). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management (5th ed.). New Jersey: Prentice Hall.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (FE UBJ)