Analisis Pengaruh Budaya 5R dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Indoporlen

Mei Krismahariyanto, Mohamad Prastya

Sari


Penelitian menggunakan data sebanyak 100 sample yang diambil secara proportionate stratified random sampling, penganalisaan secara statistik kuantitatif yaitu dengan teknik korelasional menggunakan SPSS 16.0. Dengan perhitungan kuantitatif melalui analisis statistik diperoleh nilai koefisien R sebesar 0.750, yang memberikan pengertian bahwa kedua variabel bebas  Budaya 5R (X1) dan Kinerja karyawan (X2)  memiliki  hubungan kuat terhadap Kepuasan pelanggan (Y). Besaran kontribusi/pengaruh dari kedua variabel bebas Budaya 5R (X1) dan Kinerja karyawan (X2)  yang diamati terhadap variabel Kepuasan pelanggan (Y) yang dinyatakan dengan nilai R Square atau koefisien determinasi R Square(R2)  yaitu sebesar 0.892 atau (89,2%). Nilai tersebut memberikan makna bahwa kontribusi / pengaruh dari kedua variabel bebas Budaya 5R (X1)  dan Kinerja karyawan (X2)  adalah sebesar 89,2%. Hasil uji F yaitu nilai dari Anova, diketahui bahwa F hitung sebesar 5,112 lebih besar dari F tabel sebesar  3.0902 (5,112 >3.0902); pada tingkatα = 0,05). Dari perbandingan nilai tersebut  berarti bahwa secara bersama-sama kedua variabel bebas tersebut, Budaya 5R  dan Kinerja karyawan berpengaruh terhadap Kepuasan pelanggan.


Kata Kunci


5R, kinerja karyawan, kepuasan pelanggan, SPSS 16.0

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, D.A, 2005, Strategic Marketing Management, 7th ed. John Willey & Sons, Inc: New York.

Arikunto. Suharsimi, 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Asep Hermawan, 2006, Penelitian bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Grasindo

Assaury, Sofyan, 2002, Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

August, W.Smith , dalam disertasi (2006) J.S. Husdarta, (Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Karyawan), Pasca sarjana UPI

Azwar, Saifuddin, 2003, Skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Besterfield, 2003, Quality Control. Englewood Cliffs:Prentice Hall

Fattah, Nanang, 2004, Landasan manajemen perusahaan,Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Gibson, Ivancevich, Donnelly, 2006, Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta Barat: Binarupa Aksara.

Husein Umar. 2002, Metode Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Istijanto, 2005, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Juran, Joseph, 2002, Leadership for Quality: an Executive Handbook. New York: Free Press

Kotler, P, 2002, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jilid 1. Jakarta: Salemba empat

Kusnendi, Edi Suryadi, 2005, Panduan Operasional Metode Penelitian Ilmiah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (FT UBHARAJAYA)