Penyesuaian Terhadap Stress Pada Ibu Rumah Tangga (IRT) Kelompok PKK RW 05 Keluarahan Jati Bening Baru Pondok Gede Bekasi

Erik Saut H Hutahaean, Tugimin Supriyadi Supriyadi, Ferdy Muzzamill Muzzamill, Tyna Yunita Yunita

Sari


Pada ibu yang memilih untuk mengurus rumah tangga, mereka akan mencurahkan banyak waktu untuk memberikan perhatian dan kasih sayang. Melalui suatu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan pada kelompok ibu-ibu PKK RW05 Kelurahan Jati Bening Baru Pondok Gede Bekasi. Kegiatan ini bermaksud memberikan pemahaman tentang melakukan penyesuaian terhadap stress dalam kehidupan rumah tangga.  Sebanyak 22 ibu-ibu PKK menjadi audiens di dalam kegiatan ini, melalui kegiatan ceramah interaktif yang dilakukan pada 03 Mei 2018. Kegiatan ini tidak mengukur kondisi pre-test, tetapi setelah materi tentang manajemen stress dilakukan, kegiatan dilanjutkan dengan relaksasi teknik dasar yoga. Dalam kegiatan ini kami mendapatkan ada dua tipe ; (1) ibu rumah tangga sebanyak 8, dan (2) ibu rumah tangga dengan tugas tambahan sebanyak 14. Sebanyak 15 ibu-ibu menggunakan penyesuaian emosi, sebanyak 5 lebih fokus menjada fikiran, dan sisanya menggunakan dua pendekatan tersebut. Setelah teknik relaksasi dipraktekan, audiens merasakan terjadi perubahan dalam kenyamanan tubuh yang lebih baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayu, S. (2009). Stresor dan coping stres pada ibu rumah tangga yang tidak bekerja. Library Universitas Gundarma.

Ide, P. (2013). Yoga Stres. Jakarta: Media Elex Komputindo.

Kartono, K. (2006). Psikologi wanita : gadis remaja dan wanita dewasa. (Jilid 1). Bandung: Penerbit Alumni.

Puspita, S. (2017). Penyesalan NW, ibu yang tega bunuh anaknya karena sering “ngompol.” Kompas.Com. Retrieved from https://megapolitan.kompas.com/read/2017/11/21/08372461/penyesalan-nw- ibu-yang-tega-bunuh-anaknya-karena-sering-ngompol

Putri, K. A. K., & Sudhana, H. (2013). Perbedaan Tingkat Stres Pada Ibu Rumah Tangga yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pembantu Rumah Tangga Ketut Ariyani Kartika Putri dan Hilda Sudhana. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 94–105.

Sindhu, P. (2009). Yoga Untuk Kehamilan: Sehat, Bahagia& Penuh Makna . Qanita. Hindari stres dengan melakukan Pranayama (teknik olah napas yoga ) dan Meditasi. Praktik yoga yang disarankan untuk trimester iniadalah yang dapat meningkatkan kekuatan otot punggung. Qanita.

WHO. (2002). World report on violence and health.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jabdimas.v2i1.437

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)