Pemanfaatan ICT Untuk Pengembangan Perusahaan Kecil dan Menengah di Look at Hijab Bandung

Doni Purnama Alamsyah, Ani Solihat, Hendi Suhendi, Ricky Firmansyah, Nanang Hunaifi, Amirul Mukminin, Phitsa Mauliana, Maxsi Ary

Sari


Abstrak

Peranan ICT sangatlah membantu dalam pekerjaan sehari-hari baik organisasi, perusahaan yang berupa unit kecil ataupun perusahaan besar seperti UMKM. Penggunaan ICT dapat dilakukan dengan membangun website company profile perusahaan. UMKM Look at Hibaj merupakan industri kecil di Kota Bandung yang belum optimal menggunakan ICT, sehingga penelitian fokus pada pengabdian melalui pembangunan website company profile untuk UMKM Look at Hijab. Pembangunan website dilakukan melalui metode pengembangan sistem prototyping.  Dengan adanya pemanfaatan ICT, permasalahan di Look at Hijab  dapat ditangani dengan baik. Website company profile menjadi salah satu sarana pemasaran yang dapat digunakan oleh Look at Hijab dalam menghadapi persaingan dan pertumbungan UMKM di Kota Bandung.

 

Kata Kunci : ICT, UMKM, Company Profile

 

Abstract

The role of ICT is very helpful in the daily work of organizations, companies in the form of small units or large companies such as SMEs. The use of ICT can be done by building company profile company website. SMEs Look at Hijab is a small industry in Bandung that has not been optimally used ICT, so the research focus on devotion through the development of company profile website for SMEs Look at Hijab. Website development is done through method of prototyping system development. With the use of ICT, problems at Look at Hijab can be handled well. Website company profile became one of the marketing tools that can be used by Look at Hijab in the face of competition and growth of SMEs in Bandung.

 

Keywords : ICT, UMKM, Company Profile


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Tabbaa, O., & Ankrah, S. (2016). Social capital to facilitate “engineered” university-industry collaboration for technology transfer: A dynamic perspective. Technological Forecasting and Social Change, 104, 1–15. http://doi.org/10.1016/j.techfore.2015.11.027

Aris, Saputra, I. B., Macario, K., Maulana, A., & Mustaqim, F. (2015). Perancangan Media Company Profile Sebagai Penunjang Promosi Dan Informasi Pada PT. Pos Indonesia (PERSERO) TANGERANG 15000. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (Vol. 3, pp. 6–8).

Aswati, S., Ramadhan, M. S., Firmansyah, A. U., & Anwar, K. (2017). Studi Analisis Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Matrik, 16(2), 20–27.

Hasibuan, S. (2015). SMEs Development Strategy for Competitive and Sustainable Typical Local Snacks of Banten Province. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 5(6), 410–414.

Kapoor, S., & Sandhu, H. S. (2010). Corporate Social Responsibility: A Case of Infosys Technologies Ltd. Asia Pacific Business Review, 6(2), 130–140. http://doi.org/10.1177/097324701000600213

Krisbiantoro, D., Suyanto, M., & Taufiqluthfi, E. (2015). Evaluasi Keberhasilan Implementasi Sistem Informasi dengan Pendekatan HOT FIT Model (Studi Kasus : Perpustakaan STMIK AMIKOM Purwokerto). In Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015 (pp. 9–10).

Pendong, L., Molenaar, R., Wullur, H., & Pinatik, H. F. (2015). Pembuatan aplikasi e-commerce produk pertanian berbasis content management system (CMS). COCOS, 6(11), 1–9.

Pontoh, G. R. I., & Lumenta, A. S. M. (2016). Arsip Digital Dokumen Kontrak Berbasis Web Pada PT. Abdi Pratama Perkasa. E-Journal Teknik Elelktro Dan Komputer, 5(4), 24–33.

Prasetyo, E. (2015). Rancang Bangun SistemInformasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmanyah Kabupaten Musi Banyuasin Berbasis Website. Jurnal Informatika, 1(2), 19–30.

Rahmi, D. Y., Rozalia, Y., Chan, D. N., Anira, Q., & Lita, R. P. (2017). Green Brand Image Relation Model, Green Awareness, Green Advertisement, and Ecological Knowledge as Competitive Advantage in Improving Green Purchase Intention and Green Purchase Behavior on Creative Industry Products. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 20(2). http://doi.org/10.14414/jebav.v20i2.1126

Reilly, A. H., & Hynan, K. A. (2014). Corporate communication, sustainability, and social media: It’s not easy (really) being green. Business Horizons, 57(6), 747–758. http://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.07.008

Suhartanto, M. (2012). Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan MySQL. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(1), 1–8.

Susilo, Y. S. (2010). Strategi meningkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi implementasi CAFTA dan MEA. Buletin Ekonomi, 8(2), 70–78.

Urfa, V. H., Handayani, S. R., & Hidayat, R. R. (2013). Efektifitas Penggunaan Kredit Program Kemitraan BUMN Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada Program Kemitraan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Sub Area Malang Untuk Industri Sari Apel Brosem Kota Batu). Jurnal Adminstrasi Bisnis, 6(1), 1–10.

Wahyuniardi, R., Pribadi, E. M., Andriyanto, B., Nurjaman, S., & Yunus, M. (2014). Penyusunan Sistem Informasi Berbasis Web untuk Monitoring dan Evaluasi Sentra IKM Alas Kaki di Cibaduyut – Jawa Barat. In Seminar Nasional Teknik Industri BKSTI 2014 (pp. 25–30). http://doi.org/10.13140/RG.2.1.2073.9600




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jabdimas.v1i1.251

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)