Sukses Belajar Mengajar Menggunakan Mind Mapping dengan Aplikasi FreeMind

Rakhmat Purnomo, Ahmad Fathurrozi, Ismaniah Ismaniah, Tyastuti Sri Lestari

Sari


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi FreeMind untuk menerapkan konsep Mind Mapping. Mind Mapping penting dipelajari untuk mengelola pengetahuan yang dimiliki. Pembelajaran lebih mudah dimengerti siswa jika diawali dengan pembuatan Mind Map untuk merangkum materi. SDIT Salsabila merupakan Sekolah Dasar Islam Terpadu yang berkemauan keras memberikan inovasi dalam proses belajar dan mengajar sehingga diperlukan metode pembelajaran yang efektif. Metode pelaksanaan PKM diawali dengan (1) Persiapan : membuat kelas virtual menggunakan google classroom. Kemudian mengunggah aplikasi dan materi serta mendaftarkan semua peserta pelatihan pada classroom tersebut. Aplikasi telah diinstal sebelum pelaksanaan pelatihan. Tahap (2) Pelaksanaan : Kami menjelaskan konsep Mind Mapping dan mendemonstrasikan penggunaanya baik menggunakan komputer maupun smartphone. Peserta memilih satu materi ajar untuk dibuatkan Mind Map nya. Peserta membuat Mind Map dari materi ajar tersebut. Peserta dapat berdiskusi dengan nara sumber jika mengalami kendala. Tahap (3) Evaluasi : Peserta mempresentasikan karyanya dan mengunggah pada virtual class. Nara sumber memberi masukan agar karya lebih baik. Hasil pelatihan ini memberikan kreatifitas dalam penggunakan teknologi aplikasi komputer untuk menunjang pembelajaran, mengefektifkan cara belajar dan cara mengajar, memudahkan melihat materi ajar dalam satu buat gambar yang sesuai dengan cara kerja otak manusia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Batdi, V. (2017). A Meta-analysis Study of Mind Mapping Techniques and Traditional Learning Methods A Meta-analysis Study of Mind Mapping Techniques, 0073. http://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891724

Fesel, S. S., Segers, E., & Leeuw, L. De. (2016). Strategy training and mind-mapping facilitates children ’ s hypertext comprehension, 2, 131–156. http://doi.org/10.1075/wll.19.2.01fes

Imaduddin, M. Ch., & Nur Utomo, U. H. (2012). Efektifitas metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII, IX(No. 1).

Priantini, D. A. M. M. (2016). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya, (2085-0018), 118–131.

Rusimamto, P. W., & Octavianty, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Imindmap Menggunakan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Sistem Konversi Bilangan Pada Rangkaian Logika Di Smk Negeri 2 Surabaya. Pendidikan Teknik Eletro, 04(03), 869–873.

Wana, P. R., Pangestu, W. T., & Agustina, D. A. (2017). Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Direct Instruction Pada Siswa Kelas V SDN Jiwan 01 Madiun. Jurna Pendidikan Ke-SD-An, 3, 83–87.

Zhao, G. (2016). The Effect of Mind Mapping on Teaching and Learning : A Meta-Analysis, (March).




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jabdimas.v2i1.416

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)