Pelatihan Manajemen Kearsipan, Komputer Bisnis dan Dasar-Dasar Kewirausahaan Untuk Keamanan Operasional Kantor pada Kelurahan Duren Jaya Bekasi

Hafizah Hafizah, Andrian Andrian, Bintang Narpati

Sari


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam hal ini ditujukan kepada keluarahan Duren Jaya Bekasi yang merupakan rangkaian dari kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan pada berbagai tempat. Pemilihan tempat pada Kelurahan Duren Jaya Bekasi karena masih banyak ditemukan pegawai yang belum memahami tentang pengelolaan atau manajemen kearsipan dan penggunaan komputer seperti microsoft office yang seharusnya dikuasai oleh pengabdi masyarakat sehingga kegiatan pelayanan dapat terlaksana dengan maksimal. Metode kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini menggunakan metode ceramah dan memberikan praktek mengenai penggunaan komputer oleh narasumber dan diikuti oleh para peserta pelatihan. Selain itu, juga dilakukan sesi tanya jawab agar materi yang diberikan lebih dapat dipahami oleh peserta. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan pengetahuan secara umum tentang materi pentingnya manajemen kearsipan dalam mengadministrasikan file-file atau surat-surat penting, dan pelatihan komputer bisnis yang menekankan pada fungsi-fungsi dalam microsoft office yang belum banyak diketahui peserta, serta memberikan pengetahuan dasar tentang kewirausahaan. Pelatihan ini melibatkan dosen Fakultas Ekonomi dan dosen Fakutas Teknik yang bekerja sama dengan Kelurahan Duren Jaya Bekasi Timur.

 

Kata kunci: Manajemen Kearsipan, Komputer dan Kewirausahaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arizola, O., & Rahmah, E. (2014). Pembuatan Jadwal Retensi Arsip (JRA) di Kantor Wali Nagari Kajai Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(2), 1–8.

Latif, F., & Pratama, A. W. (2015). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Elektronik (E-Arsip) Berbasis Microsoft Access Pada PT.HI-TEST. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.24843/LKJITI.6.3.16972

Mirmani, A. (2014). Pengantar Kearsipan. https://doi.org/10.1002/uog.2670

Muhidin, S. A., & Winata, H. (2016). Manajemen Kearsipan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Pertiwi, H., & Ranu, M. E. (2014). KEEFEKTIFAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SEMAR) TERHADAP PENEMUAN KEMBALI ARSIP DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN SIDOARJO Husnia Pertiwi. Jurnal Administrasi Perkantoran.

Setyawati, I., Suroso, S., Rambe, D., Damayanty, P., & Lestari, T. S. (2018). Upaya Peningkatan Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam Pada Sekolah Menengah Umum di Kecamatan Jagakarsa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 1(1), 1–22.

Siagian, R. E. F. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, Vol 2(20), 122–131. https://doi.org/http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/750/659

Sumual, F. M. (2017). IBM KELOMPOK USAHA GRATIA NATA DE COCO DALAM MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 10(02).

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERKARAKTER PEDULI LINGKUNGAN TEMA “KONSERVASI” BERPENDEKATAN SCIENCE-EDUTAINMENT. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 140–145.

Utomo, H. (2015). Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 11(1), 159–182. https://doi.org/10.1002/sej




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jabdimas.v2i1.303

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)