Penerapan Sistem Penjualan Online pada Usaha Dagang Kusuma Bandung

Ricky Firmansyah, Phitsa Mauliana, Nanang Hunaifi, Wildan Wiguna, R. Dewi Sulastriningsih, Yunika Komalasari

Sari


Usaha Dagang Kusuma merupakan UMKM pemasok produk olahan hasil pertanian berupa minuman buah carica, jus terong belanda, kentang goreng dan fresh potatoes. Proses penjualan dan promosi UD. Kusuma selama ini masih dilakukan secara konvensional, yaitu dengan menunggu pelanggan datang ke lokasi. Hasil pertanian yang tidak tahan lama dan mudah rusak membutuhkan cara pemasaran tersendiri, untuk dapat sampai ke tangan konsumen.  Bisnis online store dapat memberikan banyak peluang dalam menumbuhkan setiap usaha perusahaan, tidak terkecuali untuk bisnis UMKM yang menawarkan produk olahan hasil pertanian seperti UD. Kusuma. Penelitian ini fokus kepada penerapan sistem penjualan online pada UD. Kusuma menggunakan website penjualan online yang dikembangkan dengan menggunakan Plugin WooCommerce pada Wordpress Content Management System  dan MySQL sebagai Database Manangement System. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dengan adanya website ini, UD. Kusuma dapat memperluas pemasaran dan dapat menjual produk kepada pelanggan tanpa harus saling bertemu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Diartono, D. A., Suhari, Y., & Supriyanto, A. (2015). Pengembangan Model CYBER CLUSTER E-COMMERCE Berbasis CMS dan SEO Produk UMKM . JCCS, Vol.9, No.2, July 2015, 145-156.

Firmansyah, R. (2016). EVALUASI HEURISTIK PADA DESAIN INTERFACE APLIKASI MY INDIHOME. Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer Nusa Mandiri (pp. 69-76). Jakarta: STMIK Nusa Mandiri.

Nimda. (2017, Februari 1). Apa itu E-Commerce? Retrieved April 19, 2018, from Universitas Pasundan | Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia: https://www.unpas.ac.id/apa-itu-e-commerce/

Nuryanti. (2013). PERAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM). JURNAL EKONOMI Volume 21, Nomor 4, 1-15.

Oley, E., Sentinuwo, S. R., & Sinsuw, A. A. (2016). Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Website (Studi Kasus Taipan Restoran). E-Journal Teknik Elektro dan Komputer vol.5 no.5, 1-12.

Risdanto, B. (2014). PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) WORDPRESS DI SMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sandy, K. (2016). Perancangan Online Smartphone Store Sebagai Peluang Menumbuhkan Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal VOI STMIK Tasikmalaya Vol.5, No.1, 55-66.

Yuantari, M. C., Kurniadi, A., & Ngatindriatun. (2016). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN HASIL PERTANIAN DI DESA CURUT KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN JAWA TENGAH. Techno.COM, Vol. 15, No. 1, 43-47.

Yuhefizar, Mooduto, H., & Hidayat, R. (2009). CMM Website Interaktif MCMS Joomla (CMS). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jabdimas.v1i2.339

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)